Malang,
Channel11comm
– Menjelang penggolongan peminatan bagi
mahasiswa semester empat jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya (UB),
divisi Advokasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himanika) adakan Cakrukan
peminatan untuk memberi pandangan bagi mahasiswa angkatan 2016 pada (20/11)
lalu di hall lantai 7 gedung B Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).
Acara
ini dihadiri oleh Ketua
Jurusan, Antoni, Sekretaris Jurusan, Dian Rahmiyati, dan
beberapa dosen dari masing-masing peminatan. Selain itu, hadir pula tiga
mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2015 dari ketiga peminatan . hadirnyanya mereka untuk
memaparkan mengenai apa saja yang terdapat pada masing-masing peminatan yaitu
studi dan kajian media, public relation (PR), dan management komunikasi.
Dalam
kesempatan tersebut, Nilam Wardasari, dosen peminatan PR, menjelaskan bahwa
peminatan PR memiliki ranah kerja yang luas. “Semua perusahaan apapun jenisnya
pasti membutuhkan PR untuk menjalin hubungan baik eksternal maupun internal,”
pungkasnya.
Ia
menambahkan, mata kuliah wajib dan pilihan dalam peminatan PR antara lain teori
PR, manajemen program dan kampanye PR, manajemen isu dan krisis, public relations on media, CSR,
and community development, public speaking, komunikasi koorporat, konsultasi dan training
komunikasi, dan public service. Ia juga berharap sistem pembelajaran dalam peminatan PR mampu mendorong
praktik kehumasan yang profesional.
Bagi yang bercita-cita menjadi seorang marketing communication manager, consultant, market research corporate, analyst,
negotiator, event organizer, advertising
planner, copy writer, atau akademisi, maka peminatan Manajemen Komunikasi mungkin pantas untuk dijadikan pilihan.
Dengan mendapat mata kuliah wajib dan pilihan seperti
strategi branding, komunikasi persuasi negosiasi, manajemen kreatif periklanan,
social marketing dan komunikasi, komunikasi persuasi dan negosiasi,
diharapkan nantinya lulusan dari peminatan ini memiliki pemahaman dalam proses
komunikasi mulai dari observasi, implementasi, hingga evaluasi yang diaplikasikan
dalam ranah praktis.
Untuk
bidang peminatan studi dan kajian media, Arif Budi menjelaskan mahasiswa akan mempelajari
teori-teori tentang broadcasting dan
jurnalistik. Selain itu, nantinya mahasiswa peminatan ini akan langsung melakukan
praktek dan media visiting. Sedangkan
untuk mata kuliah peminatan yang ditawarkan yaitu sinematografi, manajemen
media, gender dan media, hukum media dan masih banyak lagi.
Namun, pemilihan peminatan ini hanya berlaku bagi mahasiswa
kelas regular dan tidak untuk kelas Inggris. “Untuk kelas Inggris tidak ada peminatan yang ditentukan sendiri,
karena sudah dipaketkan. Tetapi jangan khawatir, mata kuliah yang kami susun
sudah mewakili semua peminatan,” jelasnya.
Sri
Handayani, dosen mata kuliah umum, menitipkan pesan kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi
untuk mengambil mata kuliah di luar peminatan, “Mata kuliah di luar peminatan
seperti komunikasi keluarga, komunikasi kesehatan, dan sebagainya bisa diambil
untuk topik kajian riset dan skripsi nanti,” ucapnya.
Setelah
sosialisasi dari dosen, acara dilanjutkan dengan sharing
bersama ketiga mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2015 yang telah mengambil
peminatan. Kharisma Wibisono salah satunya. Mahasiswa yang mengambil peminatan
studi media ini berpesan untuk menentukan pilihan bergantung pada diri
masing-masing. “Jawaban mau ke mana kalian, hanya kalian sendiri yang tahu,” tegasnya. [rey/dre/le/zak]
|
0 Comments:
Post a Comment