BUKU PEDOMAN
KEPENGURUSAN :
“SATU JAYA”
Oleh : Fajar Surya Dewantara
HIMPUNAN MAHASISWA
ILMU KOMUNIKASI
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
PERIODE 2015-2016
1.
Visi dan Misi KETUA HIMANIKA
VISI
Mewujudkan
Himanika yang harmonis, kontributif, dan aspiratif dengan azas kekeluargaan.
MISI
1.
Membangun
dan menciptakan budaya organisasi yang profesional serta berkontribusi secara
totalitas untuk mengabdi demi kebaikan serta kemajuan seluruh elemen jurusan
ilmu komunikasi.
2.
Menyelenggarakan
program kerja yang dapat mengajak mahasiswa ilmu komunikasi aktif
berpartisipasi.
3.
Meningkatkan
dan memfasilitasi potensi, minat bakat mahasiswa ilmu komunikasi.
4.
Menjalin
dan meningkatkan hubungan dengan lembaga internal FISIP, lembaga didalam UB,
serta lembaga di universitas lain.
2.
Visi dan Misi HIMANIKA 2015-2016
VISI
Himanika UB yang
bermanfaat dan bersahabat serta menjadi wadah yang kontributif, aspiratif,
prestatif dengan azas kekeluargaan sehingga timbul rasa harmonis di dalam
keluarga besar Ilmu Komunikasi UB
MISI
1.
Pengurus
Himanika yang bersahabat, komunikatif, dan interaktif terhadap keluarga besar
ilmu komunikasi,serta mampu mengabdi dan berjuang untuk kebaikan bersama.
2.
Mempertahankan
dan meningkatkan hubungan harmonis antara pengurus himpunan, anggota himpunan
(seluruh mahasiswa ilmu komunikasi), dosen dan staff jurusan sehingga dapat
bersinergis serta muncul rasa sense of
belonging.
3.
Mewadahi
aspirasi, menjembatani minat dan bakat mahasiswa ilmu komunikasi dalam bidang
akademis maupun non akademis sehingga menghasilkan prestasi yang membanggakan.
4.
Melaksanakan
program kerja yang bermanfaat dan dapat dirasakan secara langsung bagi keluarga
besar ilmu komunikasi UB.
5.
Bekerja
sama dan melakukan hubungan yang baik dengan pihak dekanat, LKM FISIP, serta
lembaga di dalam maupun luar UB.
3. Job
Description HIMANIKA
1. Kahim
(Ketua Himpunan)
a. Kewajiban
·
Melaksanakan
kewajiban selama satu tahun periode kepengurusan.
·
Mengkoordinasikan
tugas kewajiban, dan hak kepada pengurus serta staff (seluruh kepengurusan).
·
Bertanggung
jawab terhadap segala sesuatu informasi terkait kepengurusan.
·
Membantu
dan menolong kepengurusan seluruh divisi Himanika.
·
Tetap
menjadi diri sendiri, pandai-pandai memposisikan diri.
b. Hak
·
Berhak
mengumpulkan dan mengkoordinasikan seluruh kepengurusan himanika.
·
Berhak
mendapat bantuan dan informasi dari seluruh pengurus dan staff.
2. Humas
(Hubungan Masyarakat)
·
Selalu
stand by.
·
Pihak
pertama yang melakukan hubungan intens terhadap kahim.
·
Menjadi
pihak pertama dalam membantu kahim apabila sedang berhalangan untuk hadir saat kegiatan
rapat LKM, jurusan, maupun internal Himanika.
·
Menjadi
pihak yang mampu berkomunikasi secara baik, intens terhadap jurusan Ilmu
Komunikasi, pihak dekanat, LKM, lembaga dalam maupun luar UB.
·
Melakukan
audit internal bekerja sama dengan PSDM.
·
Menjalin
relasi yang baik dengan IMIKI.
·
Mencari
dan menjalin relasi dengan universitas, lembaga, dan perusahaan.
·
Membantu
dan menolong divisi Public Relation
atas citra organisasi terhadap internal dan eksternal Himanika.
·
Membuat
madding bekerja sama dengan sekretaris yang berfungsi sebagai papan
pengumuman/surat delegasi.
·
Setiap
ada surat yang masuk, bekerja sama dengan sekretaris untuk diarsipkan.
·
Membuat
laporan pertanggung jawaban setelah proker selesai minimal H+7 dan maksimal
H+14.
·
Berkontribusi
dan menolong seluruh divisi serta kepengurusan Himanika.
3. Sekdum
(Sekretaris Umum)
·
Selalu
stand by.
·
Membuat
proposal-proposal seluruh kegiatan Himanika (Setiap awal bulan tanggal 1-10),
batas maksimal mendapatkan tanda tangan PD III H-3.
·
Membuat
biodata seluruh kepengurusan Himanika.
·
Membuat
arsip catatan surat masuk dan surat keluar.
·
Membuat
arsip inventaris kesekretariatan Himanika.
·
Membuat
presensi rapat dan jadwal piket harian.
·
Membuat
mading yang berfungsi sebagai papan pengumuman/surat delegasi bekerja sama dengan
divisi Humas.
·
Membuat
jadwal rapat pengurus.
·
Setiap
ada surat yang masuk, bekerja sama dengan humas untuk diarsipkan.
·
Membagi
space papan tulis untuk setiap
divisi.
·
Menagih
laporan pertanggungjawaban seluruh divisi setiap selesai proker, minimal H+7
dan maksimal H+14.
·
Membuat
LPJ dipertengahan dan akhir tahun.
·
Berkontribusi
dan menolong seluruh divisi serta kepengurusan Himanika.
4. Bendum
(Bendahara Umum)
·
Selalu
stand by.
·
Membuat
data pendanaan untuk pemasukan dan pengeluaran setiap ada transaksi per harinya.
·
Berperan
akhif untuk membujuk dan menagih uang iuran “Tabungan Kebaikan”
·
Berperan
dan bekerja sama aktif dengan seluruh divisi dalam penarikan iuran.
·
Aktif
berkomunikasi dengan Ibu Atun.
·
Menyimpan
dan membagi dana pagu Himanika (menyesuaikan tahun lalu).
·
Melakukan
pembelian terhadap barang yang diperlukan didalam sekret.
·
Selalu
mengarsipkan bon-bon / bukti pengeluaran yang ada dalam satu buku khusus.
·
Berkontribusi
dan menolong seluruh divisi serta kepengurusan Himanika.
5. Advokasi
·
Berperan
aktif dan mampu berkomunikasi baik dengan jurusan, akademik, BEM, maupun DPM.
·
Berperan
aktif dalam mencari dan menyebarluaskan informasi mengenai beasiswa.
·
Selalu
bekerja sama dengan pihak jurusan dalam mengadakan kegiatan cangkrukan minimal
tiga kali (Peminatan, Magang, Skripsi).
·
Berperan
aktif untuk membantu KRS mahasiswa disetiap pergantian semester.
·
Berperan
aktif dalam mencari seluruh informasi seputar mahasiswa Ilmu Komunikasi dan
menolong mahasiswa yang mengalami kesusahan terhadap akademik maupun
permasalahan jurusan
·
Menjadi
garda terdepan untuk kritis terhadap isu-isu yang ada di FISIP maupun jurusan.
·
Menampung
segala aspirasi dan saran dari seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi.
·
Membuat
laporan pertanggung jawaban setelah proker selesai minimal H+7 dan maksimal H+14.
·
Rela
dan ikhlas secara batin serta fisik menghadapi permasalahan yang ada pada
mahasiswa/dosen.
·
Membuat
wadah keilmuan dan sarana diskusi yang ringan, santai, serta berbobot,
·
Berkontribusi
dan menolong seluruh divisi serta kepengurusan Himanika.
6. PR
(Public Relation)
·
Bertanggung
jawab penuh atas kontrol dan menjaga media sosial seperti Instagram, twitter,
facebook selama satu periode kepengurusan.
·
Menjaga
relasi yang baik terhadap komunitas yang ada di komunikasi seperti futsion (futsal communication), baskom (basket komunikasi), dan lain-lain.
·
Membuat
akun media sosial baru menyesuaikan pasar, contoh : ask.fm
·
Melakukan
research public opinion terhadap
isu-isu yang ada maupun isu-isu yang akan sengaja dibuat (minimal 1 bulan
sekali) dan hasilnya harus dipublikasikan (baik digital maupun kertas).
·
Membuat
company profile Himanika yang menarik
dan membuat aransemen baru MARS Himanika.
·
Membuat
press release dari setiap kegiatan Himanika dan hasilnya harus dipublikasikan
(baik digital maupun kertas).
·
Pembuatan
dan pengelolaan website himanika.ub.ac.id bekerja sama dengan Humas.
·
Mengaktifkan
dan membawa citra positif dalam CSR (Customer
Social Responbility) Ilmu komunikasi.
·
Membuat
berita, poster propaganda.
·
Bekerja
sama dengan divisi MKP untuk pembuatan layout atau desain.
·
Membuat
laporan pertanggung jawaban setelah proker selesai minimal H+7 dan maksimal
H+14.
·
Berkontribusi
dan menolong seluruh divisi serta kepengurusan Himanika.
7. MKP
(Manajemen Komunikasi Pemasaran)
·
Semua
yang berkaitan dengan mendesain dan pemasaran.
·
Membuat
struktur bagan organisasi Himanika.
·
Membuat
desain x-banner Himanika dan program divisi lain (jika membutuhkan).
·
Membuat
usaha harian dari produk yang menarik.
·
Pengadaan
PDL dan Polo (batas maks. awal April).
·
Pengadaan
sticker ilmu komunikasi.
·
Pengadaan
merchandise (Pulpen, pembatas buku, gantungan kunci, dll).
·
Pengadaan
kaos dan jaket ilmu komunikasi (seluruh lapisan).
·
Pengadaan
year book kepengurusan.
·
Membuat
kartu sakti (Id card) Himanika.
·
Membuat
laporan pertanggung jawaban setelah proker selesai minimal H+7 dan maksimal
H+14.
·
Berkontribusi
dan menolong seluruh divisi serta kepengurusan Himanika.
8. Kommas
(Komunikasi Massa)
·
Mengelola
bulletin channel11.comm, bekerja sama dengan seluruh divisi setiap setelah
proker terlaksana.
·
Berperan
aktif dengan lembaga pers FISIP maupun UB dalam pembuatan berita.
·
Berperan
aktif dalam mencari dan merekam berita di saat ada event yang dilakukan oleh
mahasiswa ilmu komunikasi, jurusan, maupun FISIP.
·
Mengelola
akun youtube untuk publikasi setiap kegiatan Himanika.
·
Melakukan
pelatihan penulisan jurnalistik bekerja sama dengan media ternama
·
Membuat
majalah Himanika volume 2.
·
Bekerja
sama dengan divisi MKP untuk pembuatan layout atau desain.
·
Membuat
laporan pertanggung jawaban setelah proker selesai minimal H+7 dan maksimal
H+14.
·
Berkontribusi
dan menolong seluruh divisi serta kepengurusan Himanika
9. PSDM
(Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa)
·
Pihak
kedua yang melakukan hubungan intens untuk mengetahui kabar internal himanika.
·
Berperan
aktif dalam meningkatkan dan mengetahui hubungan personal kepengurusan himanika
(paling luwes dan supel).
·
Berperan
sebagai penjembatan untuk menghasilkan solusi di internal himanika dan bekerja
sama dengan PR, serta humas.
·
Berperan
aktif dalam mengajak mahasiswa untuk berpartisipasi di semua kegiatan himanika
maupun luar.
·
Bersama
dengan ketua, humas, PR membantu dan membangun internal kepengurusan yang
mempunyai rasa “sense of belonging” yang
tinggi.
·
Harus
berperan aktif serta peka terhadap pihak luar untuk keharmonisan.
·
Bekerja
sama dengan humas untuk melakukan audit internal.
·
Membuat
suatu program kerja yang dapat diikuti oleh semua khalayak mahasiswa.
·
Membuat
laporan pertanggung jawaban setelah proker selesai minimal H+7 dan maksimal
H+14.
·
Berkontribusi
dan menolong seluruh divisi serta kepengurusan Himanika
4. Daftar
Kepengurusan
No
|
Nama
|
Jabatan
|
1
|
Fajar Surya Dewantara
|
Ketua Himpunan
|
2
|
Efrilda Christy
|
Sekretaris Umum I
|
3
|
Puspa Aprilia
|
Sekretaris Umum II
|
4
|
Prapti Dwi
|
Bendahara Umum I
|
5
|
Jenn Shinta
|
Bendahara Umum II
|
6
|
Iqro Mutahajjid
|
Kadiv Humas (Hubungan Masyarakat)
|
7
|
Farah Saksita
|
Humas
|
8
|
Nasiha Harisbaya
|
Humas
|
9
|
Qonita Marta
|
Kadiv Advokasi
|
10
|
Severa Raturia
|
Advokasi
|
11
|
Pitaloka Ayu
|
Advokasi
|
12
|
Alvinia Gutomo
|
Kadiv Kommas (Komunikasi Massa)
|
13
|
Fatchur Maulana
|
Kommas
|
14
|
Ken Ratri
|
Kommas
|
15
|
Nadhila Prameswari
|
Kommas
|
16
|
Rafi Ramanda
|
Kadiv MKP (Manajemen Komunikasi Pemasaran)
|
17
|
Kristian Ratuain
|
MKP
|
18
|
Elisabeth So Raya
|
MKP
|
19
|
Yukiko Ayu
|
Kadiv PR (Public
Relation)
|
20
|
Ucha Julistian Mone
|
Public Relation
|
21
|
Aden Gusti
|
Public Relation
|
22
|
Galuh Pandu
|
Public Relation
|
23
|
Parin Razandiga
|
Kadiv PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa)
|
24
|
Astrie Mey
|
PSDM
|
25
|
Hesti Kusuma Wardhani
|
PSDM
|
26
|
Fatmala Kirana Mangun
|
PSDM
|
27
|
Wismoyo Bayu
|
PSDM
|
5. Program
Kerja HIMANIKA
a. Baru
-
Hi-Day
(Himanika On Birthday)
-
COS
(Communication On Society)
-
COD
(Communication On Discuss)
-
And
many more………………………………………..
b. Internal
Pengurus Himanika
-
HOT
(Himanika On Training)
-
Hijab
(Himanika Apa Aja Bray)
-
Kelas
Mendesain
-
Kelas
Menulis Berita
-
HOV
(Himanika On Vacation)
-
Gathering
/ Welcoming
-
HOM
(Himanika On Memories)
-
And
many more…………………………………………
c. Internal
Komunikasi
-
Futsion
dan Baskom
-
CIA
New Vol. XI (Communication In Action)
-
Viva
La Comunication (Ospek Jurusan)
-
Commolypic
Vol. II
-
Himanika
Cup
-
Komunikasi
Mendesain
-
Seminar
PR
-
Seminar
MKP
-
Seminar
Kommas
-
SEMARAK
(Studi Ekskursi Bersama Rakyat Komunikasi)
-
Hi
– Dan (Himanika On Ramadhan) : SOTR (Sahur On The Road), HOTCHA (Himanika On
Charity), dan Komunikasi Halal Bihalal
-
Hi
– Day
-
COS
(Kembang Desa)
-
COD
(Diskusi Komunikasi)
-
KRS
Centre
-
Jaket
dan Kaos Komunikasi
-
And
many more………………………………………
d. Eksternal
dan All in One
-
CIA
New Vol. XI (Communication In Action)
-
And
many more…………………………………………
0 Comments:
Post a Comment