Himanika (Himpunan Mahasiswa Komunikasi)
Universitas Brawijaya Malang
A. Profil
Himanika adalah lembaga kedaulatan mahasiswa di
FISIP yang menampung dan mewadahi seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas
Brawijaya dalam mengembangkan minat, bakat, serta kemampuan sesuai dengan
disiplin Ilmu Komunikasi yang sudah ada maupun potensi-potensi yang ada
lainnya. Himanika selalu terbuka bagi seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas
Brawijaya. Terlebih himanika mempunyai sekretariat yang dekat dengan lokasi
perkuliahan, sehingga himanika bisa mendekatkan diri dan memberikan informasi
kepada seluruh mahasiswa ilmu komunikasi.
Himanika pertama kali berdiri pada bulan September
2004, disahkan di kota Malang, melalui SK No. 107/J10.1.16/SK/2005 oleh dekan
FISIP, Prof. Dr. Ir. Darsono Wisadirana, M.S., pada tanggal 3 Agustus 2005.
Namun secara resmi nya jika mengacu pada AD/ART, himanika berdiri pada tanggal
5 Januari 2005.
Dari awal berdiri Himanika hingga saat ini sudah
terdapat sepuluh pergantian ketua himanika. Berikut adalah nama-namanya ;
1. Ade
Bagus K (2004)
2. Anggun
W. B. N (2005)
3. Adhysti
Citra A (2006)
4. Adioz
Dendi P (2007)
5. Rintani
Janarindhita (2008)
6. Rezha
Dwi I. P (2009)
7. Imroatul
Mufida (2010)
8. Firma
Zuhdi Alfauzi (2011)
9. Bhadrika
Grahita N (2012)
10. Fajar
Surya Dewantara (2013)
Dalam kepengurusan himanika
terdapat BPH dan divisi didalamnya, antara lain yaitu :
1. Sekretaris
2. Bendahara
Umum
3. Divisi
Hubungan Masyarakat (Humas)
4. Divisi
Komunikasi Massa (Kommas)
5. Divisi
Manajemen Komunikasi Pemasaran (MKP)
6.
Divisi Public Relation
(PR)
7.
Divisi Advokasi
8. Divisi
Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM)
B.
Tentang
a.
Mars
Tegapkan langkah bangkitkan
semangat
Kita sambut jaya gemilang
Tekad luhur manusia-manusia
baru
Bergerak bersatu Himanika
Satu jiwa satu rasa
Kita bangun negara kita
Satu cita satu asa
Himanika pasti jaya
b.
Lambang
Lambang
Himanika berbentuk segi lima terbalik yang bersinergi dari buku, pena, tangan,
nyala api, bola dunia dan roda gigi.
1. Segi
lima terbalik melambangkan sinergi dari divisi-divisi yang ada di dalam
Himanika.
2. Buku melambangkan pengetahuan.
3. Pena
melambangkan kemampuan untuk menangkap realitas untuk dijadikan karya.
4. Tangan merupakan lambang jiwa sosial.
5. Nyala api melambangkan semangat.
6. Bola
dunia melambangkan ambisi untuk mengetahui informasi global.
7. Roda gigi merupakan lambang dari kerja
keras.
8. Warna
hitam dan putih melambangkan Himanika yang bersifat netral.
C.
Visi dan Misi
Visi
Himanika
UB yang bermanfaat dan bersahabat serta menjadi wadah yang kontributif,
aspiratif, prestatif dengan azas kekeluargaan sehingga timbul rasa harmonis di
dalam keluarga besar Ilmu Komunikasi UB
Misi
- Himanika
yang bersahabat, komunikatif, dan interaktif terhadap keluarga besar ilmu
komunikasi.
- Mempertahankan
dan meningkatkan hubungan harmonis antara pengurus himpunan, anggota
himpunan (seluruh mahasiswa ilmu komunikasi), dosen dan staff jurusan
sehingga dapat bersinergis serta muncul rasa sense of belonging.
- Mewadahi
aspirasi, menjembatani minat dan bakat mahasiswa ilmu komunikasi dalam
bidang akademis maupun non akademis sehingga menghasilkan prestasi yang
membanggakan.
- Melaksanakan
program kerja yang bermanfaat dan dapat dirasakan secara langsung bagi
keluarga besar ilmu komunikasi UB.
- Bekerja
sama dan melakukan hubungan yang baik dengan pihak dekanat, LKM FISIP,
serta lembaga di dalam maupun luar UB.
C. Program Kerja
No
|
Nama
Kegiatan
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Deskripsi/Manfaat
dan Tujuan
|
1
|
C I A
(Communication In Action) XI
“Coart – Coret”
|
Akhir Oktober 2015
|
Memperkenalkan
himpunan Ilmu Komunikasi UB di kancah nasional dengan memfasilitasi bakat dan
minat mahasiswa komunikasi dan menambah silaturahmi serta pengalaman semua
mahasiswa ilmu komunikasi.
|
1.
Advokasi
No.
|
Nama Kegiatan
|
Waktu Pelaksanaan
|
Deskripsi/ Manfaat dan Tujuan
|
1.
|
Advokasi Informasi
|
1x seminggu
|
Memberikan
informasi seputar akademik dan jurusan kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi dan
memberikan informasi mengenai beasiswa baik dari dalam maupun luar lingkungan
universitas.
|
2.
|
KRS Center
|
KRS Semester ganjil dan genap
|
Memberikan
informasi bagi mahasiswa mengenai dosen, akademik, dan kemahasiswaan selama
masa KRS, membantu mahasiswa dalam mengatasi permasalahan KRS serta membantu
menjembatani mahasiswa dengan dosen.
|
3.
|
Cangkrukan Peminatan
|
29 Mei 2015
|
Tujuan dari kegiatan
ini adalah untuk memberi informasi tentang tiga peminatan di jurusan ilmu
komunikasi. Manfaat dari
cangkrukan peminatan yaitu dosen dapat meninjau ketertarikan mahasiswa dalam
peminatan dan mahasiswa dapat meyakinkan diri atas peminatan yang dipilihnya.
|
4.
|
Cangkrukan Magang
|
20 November 2015
|
Tujuan dari kegiatan
ini adalah untuk memberikan informasi tata cara magang dan memberi kesempatan
diskusi bagi dosen dan mahasiswa mengenai permasalahan magang. Adapun manfaat yang diperoleh mahasiswa yaitu
mahasiswa dapat informasi dan kesiapan lebih mengenai mahasiswa bahkan
aspirasi mengenai megang bisa diterima oleh dosen dan jurusan.
|
5.
|
Advokasi Peduli Kasih
|
Kondisional
|
Memberikan
informasi serta membangun rasa kepedulian dan saling membantu antara mahasiswa
ilmu komunikasi sehingga mampu menciptakan kepekaaan sosial mahasiswa
komunikasi.
|
6.
|
Kotak Keluhan
|
6 -13 April dan 21-28 Sept 2015
|
Menyelesaikan
permasalahan seputar dosen, akademik, dan kemahasiswaan dalam lingkup
mahasiswa Ilmu Komunikasi dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk
menyampaikan keluhan serta kritik dan saran membangun.
|
7.
|
MAWAPRES (Mahasiswa
Berprestasi)
|
Dalam rangkaian CIA Vol.XI
|
Mawapres bertujuan memberi apresiasi bagi
mahasiswa ilmu komunikasi UB yang berprestasi yang dibagi dalam 3 kategori
yaitu: Prestasi Akademik, dan Prestasi Non Akademik sehingga memberi manfaat untuk peningkatan prestasi
mahasiswa Ilmu Komunikasi UB.
|
8.
|
COD (Communication On Discuss)
bersama Laboratorium Ilmu Komunikasi
|
1 bulan 1x
|
Tujuan untuk
memberikan wadah berupa forum diskusi bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi UB
terkait isu-isu komunikasi. Dengan harapan dapat bermanfaat untuk memberi pandangan, pengetahuan serta forum
bertukar informasi dan diskusi bagi mahasiswa komunikasi mengenai fenomena
komunikasi.
|
2.
Humas
No.
|
Nama Kegiatan
|
Waktu Pelaksanaan
|
Deskripsi/ Manfaat dan Tujuan
|
1.
|
Kunjungan HIMANIKA ke Himpunan
Lain
|
2 Mei 2015 dan 1 Sept 2015
|
Berkunjung ke
beberapa Himpunan mahasiswa baik di dalam maupun di luar fakultas sebagai
bentuk jalinan kekerabatan dan mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa.
Target: Seluruh staf
tetap dan pengurus Himpunan mahasiswa Ilmu Komunikasi.
|
2
|
IMIKI (Ikatan Mahasiswa Ilmu
Komunikasi)
|
Akhir Desember (berdasarkan
agenda IMIKI)
|
Ikut menjadi
bagian dan berperan serta aktif dalam IMIKI.
|
3.
|
HIDATA (HIMANIKA Kedatangan
Tamu)
|
Kondisional atau Insidental
|
HIMANIKA
menjadi wadah penyalur informasi dan menjadi mitra kerja dalam
mempublikasikan acara yang bersangkutan dengan komunikasi baik berupa
Roadshow, sosialisasi, seminar, dll.
|
4.
|
Hi-Vi (HIMANIKA Visiting) UNAIR
dan UPN Veteran
|
24-25 April 2015 (kondisional)
|
Menjalin
kekerabatan dan bertukar pengalaman dengan para mahasiswa Ilmu Komunikasi.
|
5.
|
Forum Group Discussion (UMM, UNMER, UNITRI)
|
13 Juni 2015
|
Menjalin
kekerabatan dan bertukar pengalaman dengan para mahasiswa Ilmu Komunikasi.
|
6.
|
Hi-Dhan (HIMANIKA Ramadhan)
-
SOTR
-
HOTCHA
-
Buka Bersama
-
Halal Bihalal
|
Juni-Juli (Awal Puasa dan
setelah ramadhan)
|
Serangkaian
acara buka bersama keluarga Komunikasi, SOTR (Sahur on The Road), dan
mengajak mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk peduli terhadap semua melalui
HIMANIKA On Charity (HOCHA) sebagai wujud peran aktif sebagai mahasiswa
terhadap lingkungan di sekitarnya dan Halal Bihalal Ilmu Komunikasi.
|
7.
|
SEMARAK
(Studi Ekskursi Bersama Rakyat
Komunikasi)
|
Libur Semester Genap (28 Juli –
3 Agustus 2015)
|
Bertujuan
untuk menambah pengetahuan mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan mengunjungi
tempat-tempat yang berhubungan dengan peminatan mahasiswa Ilmu Komunikasi,
melihat terapan dari Komunikasi di dunia kerja serta link untuk magang.
|
8
|
Humas Himanika Bisa
|
November 2015
|
Bertujuan
untuk mempromosikan ilmu komunikasi dengan mengundang siswa SMA untuk ikut
dalam lomba maupun seminar yang diadakan nanti.
|
3.
PR
(Public Relations)
No.
|
Nama
Kegiatan
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Deskripsi/
Manfaat dan Tujuan
|
1.
|
Company Profile
|
Awal kepengurusan HIMANIKA
|
Memperkenalkan
HIMANIKA kepada seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi, siapa saja yang berada si
dalam kepengurusan HIMANIKA dan jobdesk HIMANIKA secara singkat.
|
2.
|
Research and Opinion Public
|
Tiap awal semester baru
|
Mencari tahu
apa yang dibutuhkan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi, menerima kritik dan saran
tahun sebelumnya, dan kritik saran kepengurusan di tahun 2015.
|
3.
|
Propaganda
|
1 bulan 1x pada minggu ketiga
|
Memberikan
informasi sekaligus persuasi terhadap peran serta aktif mahasiswa dalam
berbagai kegiatan di jurusan Ilmu Komunikasi.
|
4.
|
Aktivasi Sosmed (FB, twitter,
ask.fm)
|
Awal kepengurusan
|
Untuk membantu
mempermudah mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam menerima informasi dan memberi
kesempatan mahasiswa untuk saran dan kritik membangun.
|
5.
|
Press Release
|
Setiap selesai kegiatan
|
Menyusun
rincian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh HIMANIKA terhadap mahasiswa
Ilmu Komunikasi.
|
6.
|
PMM
(Public Monthly Meeting)
|
2x seminggu
|
Pertemuan ini
dilakukan untuk melakukan rapat besar terhadap seluruh elemen Himanika untuk
mengevaluasi kinerja dan proker yang sudah maupun akan terlaksana.
|
7.
|
Basskom dan Fusion
|
Satu minggu sekali
|
Merekatkan mahasiswa
Ilmu Komunikasi dalam kegiatan basket dan futsal bagi semua angkatan dan
mencari bakat mahasiswa dalam bidang olahraga.
|
8.
|
Prime Time Communication –
JAGONGAN
|
17 April 2015
|
Event untuk
lebih mengakrabkan mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan acara yang dikemas secara
fun dan menarik.
|
9.
|
Mars Himanika
|
6 Juni 2015
|
Bertujuan
untuk meningkatkan rasa cinta dan rasa peduli terhadap mars himanika, serta
agar dapat berkumandang disetiap acara yang diselenggarakan.
|
10.
|
COS
( Communication on Society) –
KEMBANG DESA
|
September 2015
|
Meningkatkan
keaktifan dan kepedulian pengurus HIMANIKA serta mahasiswa Ilmu Komunikasi
dengan turun langsung ke lapangan untuk membantu masyarakat desa.
|
11.
|
PR Week – Save the Company
|
Oktober 2015 (Rangkaian CIA vol
XI)
|
Seminar Public
Relation tentang how Public Relations
dealing with Crisis.
|
4.
Kommas
(Komunikasi Massa)
No.
|
Nama Kegiatan
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Deskripsi/ Manfaat dan Tujuan
|
1.
|
Buletin Channel11.com
|
Terbit setiap satu minggu
sekali. Dalam satu periode 2015 buletin akan terbit setidaknya 10x dimulai 17
Februari 2015
|
Melaporkan
perkembangan isu-isu yang hangat dibicarakan di kalangan mahasiswa dalam
bentuk jurnalistik serta menerima karya dari dosen dan mahasiswa Ilmu
Komunikasi. Diharapkan mahasiswa Ilmu Komunikasi bisa mengerti apa saja isu
yang sedang dibicarakan dan mendapatkan informasi mengenai kegiatan yang
dilaksanakan oleh HIMANIKA.
|
2.
|
Majalah Channel11.com
|
Terbit setidaknya satu kali
dalam satu kepengurusan dengan konten yang berbeda dan lebih fun. Terbit pada tanggal 30 Mei 2015
|
Menginformasikan
dengan sentuhan yang berbeda, tidak hanya hard
news dan soft news tetapi juga
berisi tentang karya-karya mahasiswa Ilmu Komunikasi khususnya di bidang
sastra, serta hiburan bagi mahasiswa ilmu komunikasi. Harapannya mahasiswa
Ilmu Komunikasi mendapat hiburan dengan adanya majalah channel11.com yang
disajikan dengan sudut pandang menarik.
|
3.
|
Blog
Channel11comm.
blogspot.com
|
Diupdate
paling lambat H+3 setelah kegiatan.
|
Bentuk elektronik dari buletin
yang berisi informasi mengenai kegiatan HIMANIKA akan dilaporkan melalui blog
ini sehingga dapat diakses kapanpun dan dimanapun.
|
4.
|
YouTube HIMANIKA UB
|
Diupdate paling lambat H+7
acara
|
Melaporkan
kegiatan yang telah dilaksanakan HIMANIKA dalam bentuk laporan secara
langsung (video).
|
5.
|
Pelatihan Jurnalistik
|
29 Maret 2015
|
Sebagai
mahasiswa Ilmu Komunikasi, pengurus, dan staf harus paham akan dunia
jurnalistik sehingga harus mempunyai bekal jurnalistik untuk kedepannya.
|
6.
|
World Book Day
|
April 2015
|
Memberikan
wawasan mengenai hari buku se-dunia dengan diadakan lomba menulis paper.
|
7.
|
Brawijaya Mass Media Fair
|
Oktober 2015
|
Beberapa media
yang ada di Indonesia akan berkumpul dan menginformasikan mengenai dunia
komunikasi, di dalamnya akan diadakan talkshow dan lomba seperti fotografi,
grafiti, jurnalistk, dan broadcasting.
|
5.
PSDM
(Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa)
No.
|
Nama Kegiatan
|
Waktu Pelaksanaan
|
Deskripsi/ Manfaat dan Tujuan
|
1.
|
Oprec Staff HIMANIKA
|
20-22 Februari 2015
|
Untuk mendapatkan staaf
HIMANIKA dan untuk mencari regenerasi baru dari HIMANIKA
|
2.
|
Welcoming Staff HIMANIKA
|
28 Februari 2015
|
Pengenalan dan perekatan antar
staff dan pengurus HIMANIKA
|
3.
|
HIMANIKA Organization Training
(HOT)
|
13-15 Maret 2015
|
Pelatihan organisasi bagi staff
HIMANIKA sekaligus ajang perekatan antar pengurus, staf bahkan alumni
HIMANIKA
|
4.
|
HIJAB (HIMANIKA Apa Aja Bray)
|
5 April 2015
|
Ajang keakraban dan merekatkan
intern al pengurus dan staf HIMANIKA
|
5.
|
Upgrading HIMANIKA
|
31 Mei 2015
|
Mengupgrade dan meningkatkan
kinerja dari pengurus dan staff HIMANIKA
|
6.
|
Hi-Day
|
6 Juni 2015
|
Sebagai peringatan hari ulang
tahun HIMANIKA serta membranding HIMANIKA ke FISIP UB.
|
7.
|
Viva La Communication
|
Oktober 2015
|
Ospek Jurusan Ilmu Komunikasi
untuk menyambut mahasiswa baru 2015
|
8.
|
Commolympic
(PR, PSDM, MKP)
|
Oktober 2015
|
Event
perlombaan bidang olahraga futsal dan basket tahunan yang diadakan oleh
HIMANIKA untuk seluruh mahasiswa ilmu komunikasi UB Malang dan sekitar Malang
Raya
|
9.
|
Oprec Staff Magang
|
September 2015
|
Pendaftaran Staff magang dari
angkatan 2015 untuk regenerasi HIMANIKA di kepengurusan berikutnya.
|
10.
|
Pilkahimanika
|
November 2015
|
Untuk memili ketua himpunan
baru
|
11.
|
HOV (Himanika On Vacation)
|
November 2015
|
Perekatan internal himanika
|
12.
|
HOM (Himanika On Memories)
|
Desember 2015
|
Sebagai bentuk malam keakraban
untuk mengenang masa periode satu tahun kepengurusan 2015-2016
|
6.
MKP
(Manajemen Komunikasi Pemasaran)
No.
|
Nama Kegiatan
|
Waktu Pelaksanaan
|
Deskripsi/ Manfaat dan Tujuan
|
1.
|
Produksi X-Banner
|
11-12 Januari 2015
|
Alat pengidentifikasian
eksistensi HIMANIKA
|
2.
|
C-TCARD
|
29 Jan- 1 Feb 2015
|
Kartu identitas pengurus
HIMANIKA dan sebagai alat perekat pengurus HIMANIKA dalam berbagai acara.
|
3.
|
Sticker KRS
|
2 Februari 2015
|
Lebih mengenalkan eksistensi
HIMANIKA
|
4.
|
Sticker Lambang
|
27 Februari 2015
|
Menambah dana usaha untuk kas
divisi dan HIMANIKA
|
5.
|
Struktur Kepengurusan
|
21 Feb – 8 Maret 2015
|
Gambaran dari pengurus HIMANIKA
sehingga lebih mudah dikenali oleh mahasiswa ilmu komunikasi
|
6.
|
PDL
|
26 Feb – 3 April 2015
|
Keseragaman identitas HIMANIKA
|
7.
|
Marcom Stall (Usaha Harian)
|
16-20 Maret 2015
|
Meningkatkan jiwa kewirausahaan
anggota Divisi MKP.
|
8.
|
Badge HIMANIKA
|
14 April – 11 Mei 2015
|
Alat identifikasi staff
HIMANIKA
|
9.
|
CODE (Communication On Design)
I
|
11-27 Mei 2015
|
Penyaluran bakat dari mahasisa
ilmu komunikasi dalam hal design poster yang diperuntukkan untuk seluruh
mahasiswa Ilmu Komunikasi se-Malang.
|
10.
|
Sticker (designed by staff)
|
29 Mei 2015
|
Mengasah keterampilan
staff MKP dalam desain dan marketing.
|
11.
|
CJI (Communication Jacket
Identitity)
|
20 Agt – 10 Oktober 2015
|
Jaket yang diharapkan mampu
menjadi jaket jurusan turun temurun bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi.
|
12.
|
CODE (Communication On Design)
II with CommOlympic
|
5 Oktober 2015
|
Penyaluran bakat dari mahasisa
ilmu komunikasi dalam hal design poster yang diperuntukkan untuk seluruh
mahasiswa Ilmu Komunikasi se-Malang.
|
13.
|
Workshop Lomba Marketing
Communication
|
1 November 2015
|
Workshop dan lomba dengan
didukung peningkatan skill untuk marketing communication dan design branding.
|
14.
|
Sticker Lambang
|
10 November 2015
|
Meningkatkan eksistensi dan
mengenalkan HIMANIKA
|
15.
|
Sertifikat Pengurus dan Staff
|
1 Desember 2015
|
Sebagai wujud outentik
kepengurusan selama berada di HIMANIKA
|
D.
Layanan kontak
Twitter : @himanikaub
Instagram : @himanikaub
Blog : channel11comm.blogspot.com
0 Comments:
Post a Comment