Home Tentang Kami Berita Feature Komtribusi Komspiratif E-Bulletin Advo Info Instagram Our Videos
image1 image2 image3

SELAMAT DATANG DI CHANNEL11.COMM|LAMAN RESMI HIMANIKA UNIVERSITAS BRAWIJAYA|KABINET KOLABORASI

Buku Pedoman

BUKU PEDOMAN
KEPENGURUSAN :
 “SATU JAYA”
Oleh : Fajar Surya Dewantara
HIMPUNAN MAHASISWA
 ILMU KOMUNIKASI
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
PERIODE 2015-2016



1.    Visi dan Misi KETUA HIMANIKA

VISI
Mewujudkan Himanika yang harmonis, kontributif, dan aspiratif dengan azas kekeluargaan.

MISI
1.    Membangun dan menciptakan budaya organisasi yang profesional serta berkontribusi secara totalitas untuk mengabdi demi kebaikan serta kemajuan seluruh elemen jurusan ilmu komunikasi.
2.    Menyelenggarakan program kerja yang dapat mengajak mahasiswa ilmu komunikasi aktif berpartisipasi.
3.    Meningkatkan dan memfasilitasi potensi, minat bakat mahasiswa ilmu komunikasi.
4.    Menjalin dan meningkatkan hubungan dengan lembaga internal FISIP, lembaga didalam UB, serta lembaga di universitas lain.








2.    Visi dan Misi HIMANIKA 2015-2016
VISI
Himanika UB yang bermanfaat dan bersahabat serta menjadi wadah yang kontributif, aspiratif, prestatif dengan azas kekeluargaan sehingga timbul rasa harmonis di dalam keluarga besar Ilmu Komunikasi UB

MISI
1.    Pengurus Himanika yang bersahabat, komunikatif, dan interaktif terhadap keluarga besar ilmu komunikasi,serta mampu mengabdi dan berjuang untuk kebaikan bersama.
2.    Mempertahankan dan meningkatkan hubungan harmonis antara pengurus himpunan, anggota himpunan (seluruh mahasiswa ilmu komunikasi), dosen dan staff jurusan sehingga dapat bersinergis serta muncul rasa sense of belonging.
3.    Mewadahi aspirasi, menjembatani minat dan bakat mahasiswa ilmu komunikasi dalam bidang akademis maupun non akademis sehingga menghasilkan prestasi yang membanggakan.
4.    Melaksanakan program kerja yang bermanfaat dan dapat dirasakan secara langsung bagi keluarga besar ilmu komunikasi UB.
5.    Bekerja sama dan melakukan hubungan yang baik dengan pihak dekanat, LKM FISIP, serta lembaga di dalam maupun luar UB.







3.    Job Description HIMANIKA

1.    Kahim (Ketua Himpunan)

a.    Kewajiban
·       Melaksanakan kewajiban selama satu tahun periode kepengurusan.
·       Mengkoordinasikan tugas kewajiban, dan hak kepada pengurus serta staff (seluruh kepengurusan).
·       Bertanggung jawab terhadap segala sesuatu informasi terkait kepengurusan.
·       Membantu dan menolong kepengurusan seluruh divisi Himanika.
·       Tetap menjadi diri sendiri, pandai-pandai memposisikan diri.
b.    Hak
·     Berhak mengumpulkan dan mengkoordinasikan seluruh kepengurusan himanika.
·     Berhak mendapat bantuan dan informasi dari seluruh pengurus dan staff.

2.    Humas (Hubungan Masyarakat)

·     Selalu stand by.
·     Pihak pertama yang melakukan hubungan intens terhadap kahim.
·     Menjadi pihak pertama dalam membantu kahim apabila sedang berhalangan untuk hadir saat kegiatan rapat LKM, jurusan, maupun internal Himanika.
·     Menjadi pihak yang mampu berkomunikasi secara baik, intens terhadap jurusan Ilmu Komunikasi, pihak dekanat, LKM, lembaga dalam maupun luar UB.
·     Melakukan audit internal bekerja sama dengan PSDM.
·     Menjalin relasi yang baik dengan IMIKI.
·     Mencari dan menjalin relasi dengan universitas, lembaga, dan perusahaan.
·     Membantu dan menolong divisi Public Relation atas citra organisasi terhadap internal dan eksternal Himanika.
·     Membuat madding bekerja sama dengan sekretaris yang berfungsi sebagai papan pengumuman/surat delegasi.
·     Setiap ada surat yang masuk, bekerja sama dengan sekretaris untuk diarsipkan.
·     Membuat laporan pertanggung jawaban setelah proker selesai minimal H+7 dan maksimal H+14.
·     Berkontribusi dan menolong seluruh divisi serta kepengurusan Himanika.

3.    Sekdum (Sekretaris Umum)

·       Selalu stand by.
·       Membuat proposal-proposal seluruh kegiatan Himanika (Setiap awal bulan tanggal 1-10), batas maksimal mendapatkan tanda tangan PD III H-3.
·       Membuat biodata seluruh kepengurusan Himanika.
·       Membuat arsip catatan surat masuk dan surat keluar.
·       Membuat arsip inventaris kesekretariatan Himanika.
·       Membuat presensi rapat dan jadwal piket harian.
·       Membuat mading yang berfungsi sebagai papan pengumuman/surat delegasi bekerja sama dengan divisi Humas.
·       Membuat jadwal rapat pengurus.
·       Setiap ada surat yang masuk, bekerja sama dengan humas untuk diarsipkan.
·       Membagi space papan tulis untuk setiap divisi.
·       Menagih laporan pertanggungjawaban seluruh divisi setiap selesai proker, minimal H+7 dan maksimal H+14.
·       Membuat LPJ dipertengahan dan akhir tahun.
·       Berkontribusi dan menolong seluruh divisi serta kepengurusan Himanika.

4.    Bendum (Bendahara Umum)

·       Selalu stand by.
·       Membuat data pendanaan untuk pemasukan dan pengeluaran setiap ada transaksi per harinya.
·       Berperan akhif untuk membujuk dan menagih uang iuran “Tabungan Kebaikan”
·       Berperan dan bekerja sama aktif dengan seluruh divisi dalam penarikan iuran.
·       Aktif berkomunikasi dengan Ibu Atun.
·       Menyimpan dan membagi dana pagu Himanika (menyesuaikan tahun lalu).
·       Melakukan pembelian terhadap barang yang diperlukan didalam sekret.
·       Selalu mengarsipkan bon-bon / bukti pengeluaran yang ada dalam satu buku khusus.
·       Berkontribusi dan menolong seluruh divisi serta kepengurusan Himanika.

5.    Advokasi

·       Berperan aktif dan mampu berkomunikasi baik dengan jurusan, akademik, BEM, maupun DPM.
·       Berperan aktif dalam mencari dan menyebarluaskan informasi mengenai beasiswa.
·       Selalu bekerja sama dengan pihak jurusan dalam mengadakan kegiatan cangkrukan minimal tiga kali (Peminatan, Magang, Skripsi).
·       Berperan aktif untuk membantu KRS mahasiswa disetiap pergantian semester.
·       Berperan aktif dalam mencari seluruh informasi seputar mahasiswa Ilmu Komunikasi dan menolong mahasiswa yang mengalami kesusahan terhadap akademik maupun permasalahan jurusan
·       Menjadi garda terdepan untuk kritis terhadap isu-isu yang ada di FISIP maupun jurusan.
·       Menampung segala aspirasi dan saran dari seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi.
·       Membuat laporan pertanggung jawaban setelah proker selesai minimal H+7 dan maksimal H+14.
·       Rela dan ikhlas secara batin serta fisik menghadapi permasalahan yang ada pada mahasiswa/dosen.
·       Membuat wadah keilmuan dan sarana diskusi yang ringan, santai, serta berbobot,
·       Berkontribusi dan menolong seluruh divisi serta kepengurusan Himanika.






6.    PR (Public Relation)

·       Bertanggung jawab penuh atas kontrol dan menjaga media sosial seperti Instagram, twitter, facebook selama satu periode kepengurusan.
·       Menjaga relasi yang baik terhadap komunitas yang ada di komunikasi seperti futsion (futsal communication), baskom (basket komunikasi), dan lain-lain.
·       Membuat akun media sosial baru menyesuaikan pasar, contoh : ask.fm
·       Melakukan research public opinion terhadap isu-isu yang ada maupun isu-isu yang akan sengaja dibuat (minimal 1 bulan sekali) dan hasilnya harus dipublikasikan (baik digital maupun kertas).
·       Membuat company profile Himanika yang menarik dan membuat aransemen baru MARS Himanika.
·       Membuat press release dari setiap kegiatan Himanika dan hasilnya harus dipublikasikan (baik digital maupun kertas).
·       Pembuatan dan pengelolaan website himanika.ub.ac.id bekerja sama dengan Humas.
·       Mengaktifkan dan membawa citra positif dalam CSR (Customer Social Responbility) Ilmu komunikasi.
·       Membuat berita, poster propaganda.
·       Bekerja sama dengan divisi MKP untuk pembuatan layout atau desain.
·       Membuat laporan pertanggung jawaban setelah proker selesai minimal H+7 dan maksimal H+14.
·       Berkontribusi dan menolong seluruh divisi serta kepengurusan Himanika.


7.    MKP (Manajemen Komunikasi Pemasaran)

·       Semua yang berkaitan dengan mendesain dan pemasaran.
·       Membuat struktur bagan organisasi Himanika.
·       Membuat desain x-banner Himanika dan program divisi lain (jika membutuhkan).
·       Membuat usaha harian dari produk yang menarik.
·       Pengadaan PDL dan Polo (batas maks. awal April).
·       Pengadaan sticker ilmu komunikasi.
·       Pengadaan merchandise (Pulpen, pembatas buku, gantungan kunci, dll).
·       Pengadaan kaos dan jaket ilmu komunikasi (seluruh lapisan).
·       Pengadaan year book kepengurusan.
·       Membuat kartu sakti (Id card) Himanika.
·       Membuat laporan pertanggung jawaban setelah proker selesai minimal H+7 dan maksimal H+14.
·       Berkontribusi dan menolong seluruh divisi serta kepengurusan Himanika.

8.    Kommas (Komunikasi Massa)

·       Mengelola bulletin channel11.comm, bekerja sama dengan seluruh divisi setiap setelah proker terlaksana.
·       Berperan aktif dengan lembaga pers FISIP maupun UB dalam pembuatan berita.
·       Berperan aktif dalam mencari dan merekam berita di saat ada event yang dilakukan oleh mahasiswa ilmu komunikasi, jurusan, maupun FISIP.
·       Mengelola akun youtube untuk publikasi setiap kegiatan Himanika.
·       Melakukan pelatihan penulisan jurnalistik bekerja sama dengan media ternama
·       Membuat majalah Himanika volume 2.
·       Bekerja sama dengan divisi MKP untuk pembuatan layout atau desain.
·       Membuat laporan pertanggung jawaban setelah proker selesai minimal H+7 dan maksimal H+14.
·       Berkontribusi dan menolong seluruh divisi serta kepengurusan Himanika


9.    PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa)

·       Pihak kedua yang melakukan hubungan intens untuk mengetahui kabar internal himanika.
·       Berperan aktif dalam meningkatkan dan mengetahui hubungan personal kepengurusan himanika (paling luwes dan supel).
·       Berperan sebagai penjembatan untuk menghasilkan solusi di internal himanika dan bekerja sama dengan PR, serta humas.
·       Berperan aktif dalam mengajak mahasiswa untuk berpartisipasi di semua kegiatan himanika maupun luar.
·       Bersama dengan ketua, humas, PR membantu dan membangun internal kepengurusan yang mempunyai rasa “sense of belonging” yang tinggi.
·       Harus berperan aktif serta peka terhadap pihak luar untuk keharmonisan.
·       Bekerja sama dengan humas untuk melakukan audit internal.
·       Membuat suatu program kerja yang dapat diikuti oleh semua khalayak mahasiswa.­
·       Membuat laporan pertanggung jawaban setelah proker selesai minimal H+7 dan maksimal H+14.
·       Berkontribusi dan menolong seluruh divisi serta kepengurusan Himanika









4.    Daftar Kepengurusan

No
Nama
Jabatan
1
Fajar Surya Dewantara
Ketua Himpunan
2
Efrilda Christy
Sekretaris Umum I
3
Puspa Aprilia
Sekretaris Umum II
4
Prapti Dwi
Bendahara Umum I
5
Jenn Shinta
Bendahara Umum II
6
Iqro Mutahajjid
Kadiv Humas (Hubungan Masyarakat)
7
Farah Saksita
Humas
8
Nasiha Harisbaya
Humas
9
Qonita Marta
Kadiv Advokasi
10
Severa Raturia
Advokasi
11
Pitaloka Ayu
Advokasi
12
Alvinia Gutomo
Kadiv Kommas (Komunikasi Massa)
13
Fatchur Maulana
Kommas
14
Ken Ratri
Kommas
15
Nadhila Prameswari
Kommas
16
Rafi Ramanda
Kadiv MKP (Manajemen Komunikasi Pemasaran)
17
Kristian Ratuain
MKP
18
Elisabeth So Raya
MKP
19
Yukiko Ayu
Kadiv PR               (Public Relation)
20
Ucha Julistian Mone
Public Relation
21
Aden Gusti
Public Relation
22
Galuh Pandu
Public Relation
23
Parin Razandiga
Kadiv PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa)
24
Astrie Mey
PSDM
25
Hesti Kusuma Wardhani
PSDM
26
Fatmala Kirana Mangun
PSDM
27
Wismoyo Bayu
PSDM













5.    Program Kerja HIMANIKA
a.    Baru
-      Hi-Day (Himanika On Birthday)
-      COS (Communication On Society)
-      COD (Communication On Discuss)
-      And many more………………………………………..

b.    Internal Pengurus Himanika
-      HOT (Himanika On Training)
-      Hijab (Himanika Apa Aja Bray)
-      Kelas Mendesain
-      Kelas Menulis Berita
-      HOV (Himanika On Vacation)
-      Gathering / Welcoming
-      HOM (Himanika On Memories)
-      And many more…………………………………………

c.     Internal Komunikasi
-      Futsion dan Baskom
-      CIA New Vol. XI (Communication In Action)
-      Viva La Comunication (Ospek Jurusan)
-      Commolypic Vol. II
-      Himanika Cup
-      Komunikasi Mendesain
-      Seminar PR
-      Seminar MKP
-      Seminar Kommas
-      SEMARAK (Studi Ekskursi Bersama Rakyat Komunikasi)
-      Hi – Dan (Himanika On Ramadhan) : SOTR (Sahur On The Road), HOTCHA (Himanika On Charity), dan Komunikasi Halal Bihalal
-      Hi – Day
-      COS (Kembang Desa)
-      COD (Diskusi Komunikasi)
-      KRS Centre
-      Jaket dan Kaos Komunikasi
-      And many more………………………………………

d.    Eksternal dan All in One
-      CIA New Vol. XI (Communication In Action)
-      And many more…………………………………………


Share this:

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment