image1 image2 image3

WELCOME TO 'CHANNEL11.COMM'|HIMANIKA BERSAMA|'FISIP - UNIVERSITAS BRAWIJAYA'

Profile HIMANIKA

Himanika (Himpunan Mahasiswa Komunikasi)
 Universitas Brawijaya Malang
A.    Profil
Himanika adalah lembaga kedaulatan mahasiswa di FISIP yang menampung dan mewadahi seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya dalam mengembangkan minat, bakat, serta kemampuan sesuai dengan disiplin Ilmu Komunikasi yang sudah ada maupun potensi-potensi yang ada lainnya. Himanika selalu terbuka bagi seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya. Terlebih himanika mempunyai sekretariat yang dekat dengan lokasi perkuliahan, sehingga himanika bisa mendekatkan diri dan memberikan informasi kepada seluruh mahasiswa ilmu komunikasi. 
Himanika pertama kali berdiri pada bulan September 2004, disahkan di kota Malang, melalui SK No. 107/J10.1.16/SK/2005 oleh dekan FISIP, Prof. Dr. Ir. Darsono Wisadirana, M.S., pada tanggal 3 Agustus 2005. Namun secara resmi nya jika mengacu pada AD/ART, himanika berdiri pada tanggal 5 Januari 2005.
Dari awal berdiri Himanika hingga saat ini sudah terdapat sepuluh pergantian ketua himanika. Berikut adalah nama-namanya ;
1.      Ade Bagus K (2004)
2.      Anggun W. B. N (2005)
3.      Adhysti Citra A (2006)
4.      Adioz Dendi P (2007)
5.      Rintani Janarindhita (2008)
6.      Rezha Dwi I. P  (2009)
7.      Imroatul Mufida (2010)
8.      Firma Zuhdi Alfauzi (2011)
9.      Bhadrika Grahita N (2012)
10.  Fajar Surya Dewantara (2013)

Dalam kepengurusan himanika terdapat BPH dan divisi didalamnya, antara lain yaitu :
1.      Sekretaris
2.      Bendahara Umum
3.      Divisi Hubungan Masyarakat (Humas)
4.      Divisi Komunikasi Massa (Kommas)
5.      Divisi Manajemen Komunikasi Pemasaran (MKP)
6.      Divisi Public Relation (PR)
7.      Divisi Advokasi
8.      Divisi Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM)


B. Tentang

a.      Mars
Tegapkan langkah bangkitkan semangat
Kita sambut jaya gemilang
Tekad luhur manusia-manusia baru
Bergerak bersatu Himanika
Satu jiwa satu rasa
Kita bangun negara kita
Satu cita satu asa
Himanika pasti jaya





b.    Lambang
Lambang Himanika berbentuk segi lima terbalik yang bersinergi dari buku, pena, tangan, nyala api, bola dunia dan roda gigi.
1.       Segi lima terbalik melambangkan sinergi dari divisi-divisi yang ada di dalam Himanika.         
2.       Buku melambangkan pengetahuan.
3.       Pena melambangkan kemampuan untuk menangkap realitas untuk dijadikan karya.
4.       Tangan merupakan lambang jiwa sosial.
5.       Nyala api melambangkan semangat.
6.       Bola dunia melambangkan ambisi untuk mengetahui informasi global.
7.       Roda gigi merupakan lambang dari kerja keras.
8.       Warna hitam dan putih melambangkan Himanika yang bersifat netral.





C. Visi dan Misi
Visi
Himanika UB yang bermanfaat dan bersahabat serta menjadi wadah yang kontributif, aspiratif, prestatif dengan azas kekeluargaan sehingga timbul rasa harmonis di dalam keluarga besar Ilmu Komunikasi UB
Misi
  1. Himanika yang bersahabat, komunikatif, dan interaktif terhadap keluarga besar ilmu komunikasi.
  2. Mempertahankan dan meningkatkan hubungan harmonis antara pengurus himpunan, anggota himpunan (seluruh mahasiswa ilmu komunikasi), dosen dan staff jurusan sehingga dapat bersinergis serta muncul rasa sense of belonging.
  3. Mewadahi aspirasi, menjembatani minat dan bakat mahasiswa ilmu komunikasi dalam bidang akademis maupun non akademis sehingga menghasilkan prestasi yang membanggakan.
  4. Melaksanakan program kerja yang bermanfaat dan dapat dirasakan secara langsung bagi keluarga besar ilmu komunikasi UB.
  5. Bekerja sama dan melakukan hubungan yang baik dengan pihak dekanat, LKM FISIP, serta lembaga di dalam maupun luar UB.

C. Program Kerja
No
Nama Kegiatan
Waktu Pelaksanaan
Deskripsi/Manfaat dan Tujuan

1
C I A
(Communication In Action) XI
“Coart – Coret”
Akhir Oktober 2015
Memperkenalkan himpunan Ilmu Komunikasi UB di kancah nasional dengan memfasilitasi bakat dan minat mahasiswa komunikasi dan menambah silaturahmi serta pengalaman semua mahasiswa ilmu komunikasi.

1.   Advokasi

No.
Nama Kegiatan
Waktu Pelaksanaan
Deskripsi/ Manfaat dan Tujuan
1.
Advokasi Informasi
1x seminggu
Memberikan informasi seputar akademik dan jurusan kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi dan memberikan informasi mengenai beasiswa baik dari dalam maupun luar lingkungan universitas.
2.
KRS Center
KRS Semester ganjil dan genap

Memberikan informasi bagi mahasiswa mengenai dosen, akademik, dan kemahasiswaan selama masa KRS, membantu mahasiswa dalam mengatasi permasalahan KRS serta membantu menjembatani mahasiswa dengan dosen.
3.
Cangkrukan Peminatan
29 Mei 2015
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberi informasi tentang tiga peminatan di jurusan ilmu komunikasi. Manfaat dari cangkrukan peminatan yaitu dosen dapat meninjau ketertarikan mahasiswa dalam peminatan dan mahasiswa dapat meyakinkan diri atas peminatan yang dipilihnya.

4.
Cangkrukan Magang
20 November 2015
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi tata cara magang dan memberi kesempatan diskusi bagi dosen dan mahasiswa mengenai permasalahan magang. Adapun manfaat yang diperoleh mahasiswa yaitu mahasiswa dapat informasi dan kesiapan lebih mengenai mahasiswa bahkan aspirasi mengenai megang bisa diterima oleh dosen dan jurusan.
5.
Advokasi Peduli Kasih
Kondisional
Memberikan informasi serta membangun rasa kepedulian dan saling membantu antara mahasiswa ilmu komunikasi sehingga mampu menciptakan kepekaaan sosial mahasiswa komunikasi.
6.
Kotak Keluhan
6 -13 April dan 21-28 Sept 2015
Menyelesaikan permasalahan seputar dosen, akademik, dan kemahasiswaan dalam lingkup mahasiswa Ilmu Komunikasi dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan keluhan serta kritik dan saran membangun.
7.
MAWAPRES (Mahasiswa Berprestasi)
Dalam rangkaian CIA Vol.XI
Mawapres bertujuan memberi apresiasi bagi mahasiswa ilmu komunikasi UB yang berprestasi yang dibagi dalam 3 kategori yaitu: Prestasi Akademik, dan Prestasi Non Akademik sehingga memberi manfaat untuk peningkatan prestasi mahasiswa Ilmu Komunikasi UB.
8.
COD (Communication On Discuss) bersama Laboratorium Ilmu Komunikasi
1 bulan 1x
Tujuan untuk memberikan wadah berupa forum diskusi bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi UB terkait isu-isu komunikasi. Dengan harapan dapat bermanfaat untuk memberi pandangan, pengetahuan serta forum bertukar informasi dan diskusi bagi mahasiswa komunikasi mengenai fenomena komunikasi.


2.    Humas

No.
Nama Kegiatan
Waktu Pelaksanaan
Deskripsi/ Manfaat dan Tujuan
1.
Kunjungan HIMANIKA ke Himpunan Lain
2 Mei 2015 dan 1 Sept 2015
Berkunjung ke beberapa Himpunan mahasiswa baik di dalam maupun di luar fakultas sebagai bentuk jalinan kekerabatan dan mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa.
Target: Seluruh staf tetap dan pengurus Himpunan mahasiswa Ilmu Komunikasi.
2
IMIKI (Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi)
Akhir Desember (berdasarkan agenda IMIKI)
Ikut menjadi bagian dan berperan serta aktif dalam IMIKI.
3.
HIDATA (HIMANIKA Kedatangan Tamu)
Kondisional atau Insidental
HIMANIKA menjadi wadah penyalur informasi dan menjadi mitra kerja dalam mempublikasikan acara yang bersangkutan dengan komunikasi baik berupa Roadshow, sosialisasi, seminar, dll.
4.
Hi-Vi (HIMANIKA Visiting) UNAIR dan UPN Veteran

24-25 April 2015 (kondisional)
Menjalin kekerabatan dan bertukar pengalaman dengan para mahasiswa Ilmu Komunikasi.
5.
Forum Group Discussion  (UMM, UNMER, UNITRI)

13 Juni 2015
Menjalin kekerabatan dan bertukar pengalaman dengan para mahasiswa Ilmu Komunikasi.
6.
Hi-Dhan (HIMANIKA Ramadhan)
-          SOTR
-          HOTCHA
-          Buka Bersama
-          Halal Bihalal
Juni-Juli (Awal Puasa dan setelah ramadhan)
Serangkaian acara buka bersama keluarga Komunikasi, SOTR (Sahur on The Road), dan mengajak mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk peduli terhadap semua melalui HIMANIKA On Charity (HOCHA) sebagai wujud peran aktif sebagai mahasiswa terhadap lingkungan di sekitarnya dan Halal Bihalal Ilmu Komunikasi.
7.
SEMARAK
(Studi Ekskursi Bersama Rakyat Komunikasi)
Libur Semester Genap (28 Juli – 3 Agustus 2015)
Bertujuan untuk menambah pengetahuan mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan mengunjungi tempat-tempat yang berhubungan dengan peminatan mahasiswa Ilmu Komunikasi, melihat terapan dari Komunikasi di dunia kerja serta link untuk magang.
8
Humas Himanika Bisa
November 2015
Bertujuan untuk mempromosikan ilmu komunikasi dengan mengundang siswa SMA untuk ikut dalam lomba maupun seminar yang diadakan nanti.

                                                                                                                      
3.    PR (Public Relations)

No.
Nama Kegiatan
Waktu Pelaksanaan
Deskripsi/ Manfaat dan Tujuan
1.
Company Profile

Awal kepengurusan HIMANIKA

Memperkenalkan HIMANIKA kepada seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi, siapa saja yang berada si dalam kepengurusan HIMANIKA dan jobdesk HIMANIKA secara singkat.
2.
Research and Opinion Public

Tiap awal semester baru

Mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi, menerima kritik dan saran tahun sebelumnya, dan kritik saran kepengurusan di tahun 2015.
3.
Propaganda

1 bulan 1x pada minggu ketiga

Memberikan informasi sekaligus persuasi terhadap peran serta aktif mahasiswa dalam berbagai kegiatan di jurusan Ilmu Komunikasi.
4.
Aktivasi Sosmed (FB, twitter, ask.fm)

Awal kepengurusan
Untuk membantu mempermudah mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam menerima informasi dan memberi kesempatan mahasiswa untuk saran dan kritik membangun.
5.
Press Release

Setiap selesai kegiatan

Menyusun rincian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh HIMANIKA terhadap mahasiswa Ilmu Komunikasi.
6.
PMM
(Public Monthly Meeting)

2x seminggu
Pertemuan ini dilakukan untuk melakukan rapat besar terhadap seluruh elemen Himanika untuk mengevaluasi kinerja dan proker yang sudah maupun akan terlaksana.
7.
Basskom dan Fusion

Satu minggu sekali
Merekatkan mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam kegiatan basket dan futsal bagi semua angkatan dan mencari bakat mahasiswa dalam bidang olahraga.
8.
Prime Time Communication – JAGONGAN
17 April 2015
Event untuk lebih mengakrabkan mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan acara yang dikemas secara fun dan menarik.

9.
Mars Himanika
6 Juni 2015
Bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta dan rasa peduli terhadap mars himanika, serta agar dapat berkumandang disetiap acara yang diselenggarakan.
10.
COS
( Communication on Society) – KEMBANG DESA
September 2015
Meningkatkan keaktifan dan kepedulian pengurus HIMANIKA serta mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan turun langsung ke lapangan untuk membantu masyarakat desa.
11.
PR Week – Save the Company

Oktober 2015 (Rangkaian CIA vol XI)
Seminar Public Relation tentang how Public Relations dealing with Crisis.


4.    Kommas (Komunikasi Massa)

No.
Nama Kegiatan
Waktu Pelaksanaan
Deskripsi/ Manfaat dan Tujuan
1.
Buletin Channel11.com
Terbit setiap satu minggu sekali. Dalam satu periode 2015 buletin akan terbit setidaknya 10x dimulai 17 Februari 2015
Melaporkan perkembangan isu-isu yang hangat dibicarakan di kalangan mahasiswa dalam bentuk jurnalistik serta menerima karya dari dosen dan mahasiswa Ilmu Komunikasi. Diharapkan mahasiswa Ilmu Komunikasi bisa mengerti apa saja isu yang sedang dibicarakan dan mendapatkan informasi mengenai kegiatan yang dilaksanakan oleh HIMANIKA.
2.
Majalah Channel11.com
Terbit setidaknya satu kali dalam satu kepengurusan dengan konten yang berbeda dan lebih fun. Terbit pada tanggal 30 Mei 2015
Menginformasikan dengan sentuhan yang berbeda, tidak hanya hard news dan soft news tetapi juga berisi tentang karya-karya mahasiswa Ilmu Komunikasi khususnya di bidang sastra, serta hiburan bagi mahasiswa ilmu komunikasi. Harapannya mahasiswa Ilmu Komunikasi mendapat hiburan dengan adanya majalah channel11.com yang disajikan dengan sudut pandang menarik.
3.
Blog
Channel11comm.
blogspot.com
Diupdate paling lambat H+3 setelah kegiatan.
Bentuk elektronik dari buletin yang berisi informasi mengenai kegiatan HIMANIKA akan dilaporkan melalui blog ini sehingga dapat diakses kapanpun dan dimanapun.
4.
YouTube HIMANIKA UB
Diupdate paling lambat H+7 acara
Melaporkan kegiatan yang telah dilaksanakan HIMANIKA dalam bentuk laporan secara langsung (video).
5.
Pelatihan Jurnalistik
29 Maret 2015
Sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi, pengurus, dan staf harus paham akan dunia jurnalistik sehingga harus mempunyai bekal jurnalistik untuk kedepannya.
6.
World Book Day
April 2015
Memberikan wawasan mengenai hari buku se-dunia dengan diadakan lomba menulis paper.
7.
Brawijaya Mass Media Fair
Oktober 2015
Beberapa media yang ada di Indonesia akan berkumpul dan menginformasikan mengenai dunia komunikasi, di dalamnya akan diadakan talkshow dan lomba seperti fotografi, grafiti, jurnalistk, dan broadcasting.


5.    PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa)

No.
Nama Kegiatan
Waktu Pelaksanaan
Deskripsi/ Manfaat dan Tujuan
1.
Oprec Staff HIMANIKA
20-22 Februari 2015
Untuk mendapatkan staaf HIMANIKA dan untuk mencari regenerasi baru dari HIMANIKA
2.
Welcoming Staff HIMANIKA
28 Februari 2015
Pengenalan dan perekatan antar staff dan pengurus HIMANIKA
3.
HIMANIKA Organization Training (HOT)
13-15 Maret 2015
Pelatihan organisasi bagi staff HIMANIKA sekaligus ajang perekatan antar pengurus, staf bahkan alumni HIMANIKA
4.
HIJAB (HIMANIKA Apa Aja Bray)
5 April 2015
Ajang keakraban dan merekatkan intern al pengurus dan staf HIMANIKA
5.
Upgrading HIMANIKA
31 Mei 2015
Mengupgrade dan meningkatkan kinerja dari pengurus dan staff HIMANIKA
6.
Hi-Day
6 Juni 2015
Sebagai peringatan hari ulang tahun HIMANIKA serta membranding HIMANIKA ke FISIP UB.
7.
Viva La Communication
Oktober 2015
Ospek Jurusan Ilmu Komunikasi untuk menyambut mahasiswa baru 2015
8.
Commolympic
(PR, PSDM, MKP)

Oktober 2015
Event perlombaan bidang olahraga futsal dan basket tahunan yang diadakan oleh HIMANIKA untuk seluruh mahasiswa ilmu komunikasi UB Malang dan sekitar Malang Raya
9.
Oprec Staff Magang
September 2015
Pendaftaran Staff magang dari angkatan 2015 untuk regenerasi HIMANIKA di kepengurusan berikutnya.
10.
Pilkahimanika
November 2015
Untuk memili ketua himpunan baru
11.
HOV (Himanika On Vacation)
November 2015
Perekatan internal himanika
12.
HOM (Himanika On Memories)
Desember 2015
Sebagai bentuk malam keakraban untuk mengenang masa periode satu tahun kepengurusan 2015-2016


6.    MKP (Manajemen Komunikasi Pemasaran)

No.
Nama Kegiatan
Waktu Pelaksanaan
Deskripsi/ Manfaat dan Tujuan
1.
Produksi X-Banner
11-12 Januari 2015
Alat pengidentifikasian eksistensi HIMANIKA
2.
C-TCARD
29 Jan- 1 Feb 2015
Kartu identitas pengurus HIMANIKA dan sebagai alat perekat pengurus HIMANIKA dalam berbagai acara.
3.
Sticker KRS
2 Februari 2015
Lebih mengenalkan eksistensi HIMANIKA
4.
Sticker Lambang
27 Februari 2015
Menambah dana usaha untuk kas divisi dan HIMANIKA
5.
Struktur Kepengurusan
21 Feb – 8 Maret 2015
Gambaran dari pengurus HIMANIKA sehingga lebih mudah dikenali oleh mahasiswa ilmu komunikasi
6.
PDL
26 Feb – 3 April 2015
Keseragaman identitas HIMANIKA
7.
Marcom Stall (Usaha Harian)
16-20 Maret 2015
Meningkatkan jiwa kewirausahaan anggota Divisi MKP.
8.
Badge HIMANIKA
14 April – 11 Mei 2015
Alat identifikasi staff HIMANIKA
9.
CODE (Communication On Design) I
11-27 Mei 2015
Penyaluran bakat dari mahasisa ilmu komunikasi dalam hal design poster yang diperuntukkan untuk seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi se-Malang.
10.
Sticker (designed by staff)
29 Mei 2015
Mengasah keterampilan staff  MKP dalam desain dan marketing.
11.
CJI (Communication Jacket Identitity)
20 Agt – 10 Oktober 2015
Jaket yang diharapkan mampu menjadi jaket jurusan turun temurun bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi.
12.
CODE (Communication On Design) II with CommOlympic
5 Oktober 2015
Penyaluran bakat dari mahasisa ilmu komunikasi dalam hal design poster yang diperuntukkan untuk seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi se-Malang.
13.
Workshop Lomba Marketing Communication
1 November 2015
Workshop dan lomba dengan didukung peningkatan skill untuk marketing communication dan design branding.
14.
Sticker Lambang
10 November 2015
Meningkatkan eksistensi dan mengenalkan HIMANIKA
15.
Sertifikat Pengurus dan Staff
1 Desember 2015
Sebagai wujud outentik kepengurusan selama berada di HIMANIKA

D. Layanan kontak
Email    :           himanikaub@gmail.com
Twitter :           @himanikaub
Instagram :      @himanikaub
Blog :                 channel11comm.blogspot.com


Share this:

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment