Home Tentang Kami Berita Feature Komtribusi Komspiratif E-Bulletin Advo Info Instagram Our Videos
image1 image2 image3

SELAMAT DATANG DI CHANNEL11.COMM|LAMAN RESMI HIMANIKA UNIVERSITAS BRAWIJAYA|KABINET KOLABORASI

Dari Tidak Berekspektasi hingga Jadi Profesi



Tony Firman, Communite 2013 yang memulai karirnya dari magang hingga berlanjut menjadi penulis sekaligus reporter tetap di Tirto.
“Jika ingin menjadi penulis atau reporter, maka perbanyak membaca. Jangan malas mengikuti isu-isu lokal, nasional hingga internasional. Pasang sikap kritis sebagai jalan masuk untuk mengetahui lebih dalam sebuah peristiwa,” aku Tony Firman, Communite angkatan 2013.
       Kalimat tersebut ia lontarkan berdasarkan pengalamannya magang di salah satu portal berita daring nasional, Tirto.id. Meskipun Tirto bukanlan tujuan utamanya untuk magang, Tony melihatnya sebagai pintu gerbang yang tidak boleh disia-siakan. Umurnya yang masih muda sebagai portal berita membuat Tony menjadikan Tirto sebagai opsi terakhir yang tidak ia pikirkan.
“Pengalaman yang saya dapatkan tentu cukup banyak ya. Mulai dari bisa tahu dari dekat bagaimana sebuah newsroom bekerja, tahu ciri khas yang diusung Tirto, seperti menampilkan infografis dan data-data di setiap artikel berita, dan tahu orang-orang yang lebih senior ketika bekerja di sana,” ceritanya.
Menempati tiga divisi sekaligus, yaitu Marketing dan Media Sosial, Analisis Konten, dan Divisi Redaksi, diakuinya bukan perkara yang mudah. Pria asal Kota Kediri ini menjelaskan jobdesc yang harus ia lakukan per-divisi sangatlah beragam. Pada divisi Marketing & Media Sosial, ia harus bergelut mencari artikel berita di Tirto yang kemudian diunggah ulang di akun sosial media Tirto hingga menganalisis berbagai komentar netizen. Lalu pada divisi Analisis Konten, ia bertugas mengerjakan seputar optimalisasi atribut artikel berita seperti merapikan kata kunci dan member tautan ke profil tokoh dan lainnya. Beda lagi di divisi Redaksi yang mengharuskannya menyusun tulisann dan menentukan tema dengan mencari data penunjang dan menguraikannya menjadi satu buah naskah artikel berita.
Usia Tirto yang masih belia membuat Tony merasa lebih dekat dengan media yang satu ini. Ia termasuk pihak yang terjun langsung dalam pengembangan Tirto hingga launching resminya pada 3 Agustus 2016.
“Sebenarnya ketika bergabung pada Juli 2016 itu Tirto masih dalam tahap pengembangan dan belum ada reporter seperti sekarang. Konten artikel berita sudah dirilis kira-kira sejak sekitar Februari 2016, tapi mereka baru launching resmi memperkenalkan diri ke publik pada 3 Agustus 2016. Saya bersama dua teman magang lainnya (dari Ilmu Komunikasi dan HI UB) terlibat membantu beberapa pekerjaan persiapan launching Tirto.id di Kunskring Paleis, Menteng. Kalau saya tidak salah ingat, 3 Agustus akhirnya jadi hari ultah Tirto.id,” ungkap mahasiswa yang baru saja menyelesaikan studinya ini.
 “Sekarang saya bergabung di Tirto tepatnya di bagian redaksi. Disana saya bertugas menjadi penulis sekaligus reporter. Tulisan yang paling sering saya garap masuknya ke rubrik Mild Report,” lanjut Tony.
Melihat kepiawaian Tony sebagai seorang jurnalis selama magang di Tirto, membuat para petinggi media online tersebut tertarik hingga akhirnya mengangkat Tony menjadi penulis dan reporter tetap disana. Tony membagikan pesan kepada adik-adik tingkat yang tertarik untuk mengikuti jejaknya magang di salah satu media online ini.
“Tentu saja persiapkan CV yang menarik berisi karier anda selama ini atau yang berhubungan dengan beberapa jobdesc di Tirto.id. Perbanyak informasi dan wawasan serta yang nggak kalah penting menentukan minat bakat. Mencari tahu sebanyak-banyaknya tentang tempat magang yang diinginkan termasuk orang-orang di dalamnya. CV yang menarik dengan banyak menonjolkan kemampuan dan contoh karya atau pekerjaan anda itu kuncinya,” tegasnya.
Nah, untuk Communite yang tertarik, langsung saja persiapkan diri kalian. Tidak hanya CV, tapi juga pengetahuan yang luas juga ya. Good luck!




Penulis: Fakhirah Amanda

Penyunting: Latifah Hanum Khairunnisa

Share this:

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment