image1 image2 image3

WELCOME TO 'CHANNEL11.COMM'|HIMANIKA BERSAMA|'FISIP - UNIVERSITAS BRAWIJAYA'

Menelusuri Jejak Dana Pagu

Malang- Kecemasan mahasiswa kian meningkat perihal dana pagu. Hal ni dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang masih belum terjawab saat Kajian bersama. “Dari awal memang tidak ada transparansi mengenai dana pagu ini, kami yang harus datang sendiri ke rektorat untuk mendapat jawaban pasti mengenai jumlah dana pagu yang diberikan ke FISIP” ungkap Rizki Ramadheni selaku divisi internal DPM FISIP  saat Kajian bersama berlangsung pada Senin malam (28/3/16).
Dana Pagu sendiri merupakan uang bulat yang ditujukan untuk kepentingan kemahasiswaan, seperti dana untuk pengelolaan organisasi-organisasi yang ada di fakultas selama 1 tahun, perbaikan fasilitas, pengadaan barang, serta delegasi. Menurut hasil pencarian informasi yang dilakukan oleh LKM beserta jajaran ketua LKM di FISIP, diketahui dana pagu FISIP tahun ini sejumlah Rp 782.730.000. Dana tersebut nantinya masih akan dibagi dengan rasio 70 : 30, 70% untuk urusan perihal kemahasiswaan, dan 30% untuk dana alokasi yang lain.
“Dalam 70% tersebut dipaparkan dana untuk perbaikan adalah 50 juta, pengadaan barang 125 juta, dan untuk delegasi senilai 150 juta, sisa dana setelah dikurangi adalah sekitar kurang lebih 457 juta, dan 30% dari jumlah tersebut yaitu 137 juta-an akan di gunakan untuk dana alokasi. Nah yang dipertanyakan adalah transparansi draft dari dana alokasi tersebut yang belum dikomunikasikan kejelasannya kepada kita” tambah Rizki.
Dana yang diberikan Rektorat Pusat kepada FISIP memang turun dari draft usulan anggaran awal yang diajukan yaitu 38 M. Hal ini dikarenakan adanya pengurangan dana yang dilakukan oleh KEMENRISTEKDIKTI kepada seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yang dampaknya juga berimbas pada Universitas Brawijaya. Rektorat sendiri akhirnya memberikan dana ke FISIP sejumlah 34 M yang selanjutnya dialokasikan pada seluruh bidang di FISIP.  Pak Muwafik selaku Pembantu Dekan III bidang kemahasiswaan awalnya mengajukan 1,5 M untuk dana kemahasiswaan namun yang di terima hanya sekitar 780 juta-an. Informasi ini didapat dari hasil investigasi yang dilakukan oleh DPM FISIP kepada Bapak Sutan, Bagian Pengadaan FISIP. Beliau juga mengatakan bahwa dana ini baru selesai direvisi bulan Maret.
Hal ini lah yang membuat mahasiswa kembali bertanya. “Yang aneh adalah tahun ini dana yang diberikan Rektorat kepada FISIP turun, tetapi dana pagu untuk pengelolaan naik, dari yang dulunya hanya 285 juta hingga sekarang sekitar 320 juta-an. Inilah yang membuat kita bertanya-tanya.” ujar Jibran Averusy, ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang ditemui seusai Kajian.
Hal yang dipermasalahkan oleh mahasiswa disini adalah ketidakjelasan komunikasi dan transparansi kepada mahasiswa mengenai jumlah dan alokasi dana pagu tersebut. Diharapkan hal seperti ini tidak terjadi pada periode tahun berikutnya. Hidup Mahasiswa!

Share this:

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment