image1 image2 image3

WELCOME TO 'CHANNEL11.COMM'|HIMANIKA BERSAMA|'FISIP - UNIVERSITAS BRAWIJAYA'

Siapkah Mahasiswa Baru Mengambil Manajemen Tim Kreatif ?



Malang- Beberapa minggu terakhir ini banyak sekali event-event kreatif yang diadakan oleh para mahasiswa FISIP. Salah satunya event yang bertajuk “Creacharity”. Event ini bertujuan untuk menggalang dana yang akhirnya nanti akan disumbangkan untuk orang-orang yang membutuhkan. Sabtu (14/5/16) kemarin merupakan acara puncaknya. Yang membuat acara ini unik ialah, acara ini dilaksanakan oleh  mahasiswa yang duduk di bangku semester 2. Mahasiswa yang bisa dibilang masih “seumur jagung”.
Manajemen Tim Kreatif atau biasa disebut MTK oleh mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi ini memang tujuannya adalah membangun kelompok yang profesional untuk membuat sebuah event tertentu. Mahasiswa dituntut untuk membuat sebuah event untuk memenuhi mata kuliah MTK ini. Mata kuliah ini sebenarnya untuk semester 6 tetapi karena sistem kurikulum semester 2 pun juga sudah bisa mengambil mata kuliah ini.
Untuk memenuhi mata kuliah ini, mahasiswa semester 2 yang mengambil mata kuliah MTK mengangkat event bertajuk “Creaharity”. Sebuah acara penggalangan dana yang akan disumbangkan kepada orang-orang yang tidak mampu. Acara puncaknya adalah pemberian hasil penggalangan dana tersebut serta ada beberapa penampilan dari band-band akustik lokal. Adam Yuspandhana selaku ketua pelaksana dari event ini menyatakan bahwa mata kuliah yang diambilnya ini memiliki suka duka tersendiri.
“Sukanya itu bisa kenal orang banyak dan bisa menjalin hubungan atau kerjasama dilain waktu. Dukanya itu banyak yang dikorbankan, tenaga, waktu, dan pikiran. Dan yang paling menyedihkan lagi bagi anak kos itu ngabisin duit juga.” Kata Adam.
Adam menambahkan kalau sebenarnya mata kuliah ini menantang dan seru. Dia merasakan banyak pengalaman baru dari mata kuliah ini. Meskipun masih semester 2, semangat mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini sangatlah besar terbukti berhasilnya event yang mereka buat.
Akan tetapi, MTK yang merupakan mata kuliah pilihan ini memang menjadi beban tersendiri bagi mahasiswa semester 2 yang mengambilnya. Hal itu disebabkan karena mata kuliah ini menuntut adanya pengalaman serta profesionalitas, yang pada tahun-tahun sebelumnya  diberikan pada para mahasiswa semester 6 sebagai mata kuliah wajib. Adam turut berkomentar tentang ketidaksetujuannya mahasiswa mengambil mata kuliah MTK ini.
“Menurutku belum pas kalau mahasiswa semerster 2 diberikan mata kuliah ini. Soalnya butuh pengalaman dulu dan pengenalan untuk matkul MTK pada mahasiswa semester 2. Walaupun sih beberapa mahasiswa semester 2 sudah siap mengikuti matkul ini, tapi ada beberapa yang tidak.” Ucap Adam.
Keluhan mahasiswa semester 2 yang menyatakan bahwa masih ada beberapa mahasiswa yang belum siap mengambil mata kuliah MTK ini, dapat dijadikan masukan pada pihak jurusan  seputar kurikulum yang baru ini. Semoga saja, di tahun depan tidak ada lagi mahasiswa baru yang tidak siap untuk mengambil sebuah mata kuliah. Salam Mahasiswa! (pid/bim)

Share this:

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment