Home Tentang Kami Berita Feature Komtribusi Komspiratif E-Bulletin Advo Info Instagram Our Videos
image1 image2 image3

SELAMAT DATANG DI CHANNEL11.COMM|LAMAN RESMI HIMANIKA UNIVERSITAS BRAWIJAYA|KABINET KOLABORASI

Jangan Menyerah Sebelum Mencoba!

Jovan di Istana Negara RI


MALANG, Channel11.COMMJovanca Manggala Paramananda merupakan salah satu mahasiswa beruntung karena dapat merasakan pengalaman magang di Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (Kemensetneg RI). Mahasiswa berusia 21 tahun yang akrab disapa Jovan ini magang di bidang Komunikasi Politik dan Kehumasan, bagian Desain Kreatif dan Dokumentasi.

            Jovan melakukan peliputan, dokumentasi dan menyusun konten-konten kegiatan keistanaan Presiden. Ia mengaku gugup saat melakukan peliputan dan dokumentasi dengan Presiden Joko Widodo, mengingat ia harus meliput segala kegiatan orang nomor satu di Indonesia.

“Pengalaman terbaik, sih, bisa kerja di lingkup istana dan sering ketemu Presiden. Itu belum pernah terpikirkan sebelumnya, tremor mulu. Pertama-tama itu banyak banget foto yang nge-blur karena nervous,” cerita Jovan ketika dihubungi melalui telepon.

            Jovan menjelaskan bahwa jadwal kerjanya tidak berbeda dari pegawai pada umumnya. Dengan jadwal Senin sampai Jumat, pukul 07:30-16:00, ia bekerja secara indoor dan outdoor. Kegiatan outdoor berupa peliputan dan indoor berupa proses editing. Ia menceritakan pengalaman lemburnya pada saat momen besar seperti perayaan kemerdekaan Republik Indonesia beberapa waktu lalu.

“Stigma aku tentang pegawai pemerintahaan itu terpecahkan pada bagian ini, karena memang benar-benar sesantai ini,” ujarnya ketika diminta untuk menjelaskan suasana kerja. Prinsip “bisa ketawa namun kerjaan harus kelar” mungkin merupakan prinsip yang kental di lingkungan kerja Kemensetneg RI. Hal ini membuat suasana yang menyenangkan dan tetap profesional bagi Jovan.

            Jovan berpesan bahwa tidak ada salahnya mengejar suatu perusahaan impian untuk mendapatkan pengalaman magangnya. Sekedar coba-coba pun tak masalah, jangan ragu-ragu karena merasa rendah diri sebelum mencoba. Ia memberikan sedikit insight bahwa sosial media juga merupakan hal yang penting, karena melalui sosial media perusahaan dapat menilai kepribadian pelamar. Selain itu, struktur email juga merupakan hal yang krusial dan ia juga menuturkan untuk melampirkan portofolio sebagai rekam jejak.

            “Persiapkan diri. Bikin CV (curriculum vitae –red) yang bagus, persiapkan interview yang bagus, karena momen magang itu cuma ini saja. Selanjutnya kita ngerjain skripsi, setelah ngerjain skripsi kita kerja beneran. Kesempatan magang itu hanya ini, jadi manfaatkan sebaik-baiknya,” tutup Jovan di akhir wawancara.

Penulis:
M. Rizki Pratama

Penyunting:
Adrian David Leonardo

Share this:

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment