image1 image2 image3

WELCOME TO 'CHANNEL11.COMM'|HIMANIKA BERSAMA|'FISIP - UNIVERSITAS BRAWIJAYA'

Mahasiswa Peringati Hari Pahlawan di Era Modern

“Menurut aku, Hari Pahlawan adalah momen dimana kita mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dan berkorban demi bangsa kita sekaligus perenungan bagi muda-mudi saat ini mengenai apa yang bisa kita berikan bagi bangsa Indonesia.” Ujar Anita Christina Mahasiswi Ilmu Komunikasi UB 2015 yang sekaligus merupakan Nimas batu 2016.

Indonesia membutuhkan para pemuda sebagai pahlawan di era modern ini. “ Peran kita adalah menjadi sosok 'pahlawan' dalam kehidupan kita. Pahlawan diartikan sebagai seseorang yang rela berkorban dan berani membela kebenaran. Saat ini bangsa kita membutuhkan sosok pahlawan dalam diri generasi muda. Dan menurut saya siapapun bisa menjadi pahlawan di bidangnya masing-masing sesuai dengan ilmu yang ditekuninya.” Lanjut Anita. 

Salah satu bentuk dalam memperingati hari pahlawan adalah upacara bendera. Hal ini rutin dilakukan mulai dari jenjang sekolah dasar hingga menengah ke atas. Anita berpendapat bahwa upacara merupakan hal yang penting karena merupakan bentuk apresiasi kita pada para pahlawan. Tetapi bukan hanya dijadikan sebagai kewajiban melainkan harus benar-benar ada penghayatan di dalamnya. 

Hal ini senada dengan pendapat Jasmine, mahasiswa Ilmu Komunikasi 2016 “Sebenernya kan Mahasiswa udah jarang ada upacara gitu, sejauh ini pun aku liat kalo ditingkat mahasiswa itu udah mulai banyak pemikiran-pemikiran dan ideologi sendiri. Tapi gapapa kalau pun ada upacara hari pahlawan itu juga bagus, sebagai orang Indonesia kita juga patut ngerayain itu. Masalahnya kalo mau diadain juga seringnya banyak yang hanya dituntut kewajiban dan formalitas aja”

Memperingati dan merayakan hari Pahlawan di zaman modern ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melakukan gerakan aksi nyata. Felly Eliza Putri mahasiswi Ilkom 2015 berpendapat bahwa bentuk nyata dari memaknai  dan memperingati Hari Pahlawan dapat dilakukan dengan cara yang paling mudah yaitu dengan melakukan hal positif yang bersifat membangun prestasi bangsa terhadap dirinya, orang sekitar, dan lingkungan.

“Harapannya pada peringatan hari Pahlawan ini generasi muda memiliki awareness untuk memperingati hari tersebut dengan mengingat perjuangan para Pahlawan kita. Selain itu, generasi muda juga perlu memperbaiki jati diri dengan kegiatan yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Yang terakhir, generasi muda harapannya dapat menerapkan esensi dari hari pahlawan dalam kehidupan sehari-hari” Tutup Anita. (cfa/zhr)

Share this:

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment