image1 image2 image3

WELCOME TO 'CHANNEL11.COMM'|HIMANIKA BERSAMA|'FISIP - UNIVERSITAS BRAWIJAYA'

Obati Kebimbangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2016, Himanika Adakan Cakrukan Peminatan



Malang, Channel11comm – Menjelang penggolongan peminatan bagi mahasiswa semester empat jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya (UB), divisi Advokasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himanika) adakan Cakrukan peminatan untuk memberi pandangan bagi mahasiswa angkatan 2016 pada (20/11) lalu di hall lantai 7 gedung B Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Acara ini dihadiri oleh Ketua Jurusan, Antoni, Sekretaris Jurusan, Dian Rahmiyati, dan beberapa dosen dari masing-masing peminatan. Selain itu, hadir pula tiga mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2015 dari ketiga peminatan . hadirnyanya mereka untuk memaparkan mengenai apa saja yang terdapat pada masing-masing peminatan yaitu studi dan kajian media, public relation (PR), dan management komunikasi.

Dalam kesempatan tersebut, Nilam Wardasari, dosen peminatan PR, menjelaskan bahwa peminatan PR memiliki ranah kerja yang luas. “Semua perusahaan apapun jenisnya pasti membutuhkan PR untuk menjalin hubungan baik eksternal maupun internal,” pungkasnya.

Ia menambahkan, mata kuliah wajib dan pilihan dalam peminatan PR antara lain teori PR, manajemen program dan kampanye PR, manajemen isu dan krisis, public relations on media, CSR, and community development, public speaking, komunikasi koorporat, konsultasi dan training komunikasi, dan public service. Ia juga berharap sistem pembelajaran dalam peminatan PR mampu mendorong praktik kehumasan yang profesional.

Bagi yang bercita-cita menjadi seorang marketing communication manager, consultant, market research corporate, analyst, negotiator, event organizer, advertising planner, copy writer, atau akademisi, maka peminatan Manajemen Komunikasi mungkin pantas untuk dijadikan pilihan.
Dengan mendapat mata kuliah wajib dan pilihan seperti strategi branding, komunikasi persuasi negosiasi, manajemen kreatif periklanan, social marketing dan komunikasi, komunikasi persuasi dan negosiasi, diharapkan nantinya lulusan dari peminatan ini memiliki pemahaman dalam proses komunikasi mulai dari observasi, implementasi, hingga evaluasi yang diaplikasikan dalam ranah praktis.

Untuk bidang peminatan studi dan kajian media, Arif Budi menjelaskan mahasiswa akan mempelajari teori-teori tentang broadcasting dan jurnalistik. Selain itu, nantinya mahasiswa peminatan ini akan langsung melakukan praktek dan media visiting. Sedangkan untuk mata kuliah peminatan yang ditawarkan yaitu sinematografi, manajemen media, gender dan media, hukum media dan masih banyak lagi.

Namun, pemilihan peminatan ini hanya berlaku bagi mahasiswa kelas regular dan tidak untuk kelas Inggris. “Untuk kelas Inggris tidak ada peminatan yang ditentukan sendiri, karena sudah dipaketkan. Tetapi jangan khawatir, mata kuliah yang kami susun sudah mewakili semua peminatan,” jelasnya.

Sri Handayani, dosen mata kuliah umum, menitipkan pesan kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk mengambil mata kuliah di luar peminatan, “Mata kuliah di luar peminatan seperti komunikasi keluarga, komunikasi kesehatan, dan sebagainya bisa diambil untuk topik kajian riset dan skripsi nanti,” ucapnya.

Setelah sosialisasi dari dosen, acara dilanjutkan dengan sharing bersama ketiga mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2015 yang telah mengambil peminatan. Kharisma Wibisono salah satunya. Mahasiswa yang mengambil peminatan studi media ini berpesan untuk menentukan pilihan bergantung pada diri masing-masing. “Jawaban mau ke mana kalian, hanya kalian sendiri yang tahu,” tegasnya. [rey/dre/le/zak]

Share this:

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment