image1 image2 image3

WELCOME TO 'CHANNEL11.COMM'|HIMANIKA BERSAMA|'FISIP - UNIVERSITAS BRAWIJAYA'

Profil Himanika



HIMANIKA adalah lembaga kedaulatan mahasiswa di FISIP yang menampung dan mewadahi seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya dalam mengembangkan minat, bakat, serta kemampuan sesuai dengan disiplin Ilmu Komunikasi yang sudah ada maupun potensi-potensi yang ada lainnya. Himanika selalu terbuka bagi seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya yang tentunya ingin mengembangkan bakatnya.

Sejarah -> Himanika pertama kali berdiri pada September 2004 dan disahkan melalui SK No. 107/J10.1.16/SK/2005 oleh Dekan FISIP, Prof. Dr. Ir. Darsono Wisadirana, M.S. pada tanggal 3 Agustus 2005. Himanika berlokasi di Gedung Sekretariat Bersama LKM FISIP Universitas Brawijaya, Jalan Veteran, Malang.

Ketua Himpunan

01. Ade Bagus K.
02. Anggun W. B.
03. Adhysti Citra A.
04. Adioz Dendi P.
05. Rintani Janarindhita
06. Rezha Dwi I. P.
07. Imroatul Mufida
08. Firma Zuhdi Alfauzi
09. Bhadrika Grahita Nandiwardana
10. Fajar Surya Dewantara
11. M. Jibran Averusy
12. Dinia Insana
13. Kevin Yolandri

Himanika memiliki Motto yang memiliki arti  sebagai berikut :

1. Kritis, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi diharapkan tajam dalam menganalisis fenomena sosial.
2. Progresif, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi senantiasa meningkatkan kompetensi diri.
3. Kreatif, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi diharapkan mampu menumbuhkan rasa kreativitas.

Lambang Himanika berbentuk segi lima terbalik yang bersinergi dari buku, pena, tangan, nyala api, bola dunia dan roda gigi. Memiliki filosofi :

1.  Segi lima terbalik melambangkan nilai Pancasila dan nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi.
2.  Buku melambangkan pengetahuan.
3. Pena melambangkan kemampuan untuk menangkap realitas untuk dijadikan karya.
4. Tangan merupakan lambang jiwa sosial.
5. Nyala api melambangkan semangat.
6. Bola dunia melambangkan ambisi untuk mengetahui informasi global.
7. Roda gigi merupakan lambang dari kerja keras.
8.  Warna hitam dan putih melambangkan Himanika yang bersifat netral.

Mars Himanika 

Tegapkan langkah bangkitkan semangat
Kita sambut jaya gemilang
Tekad luhur manusia-manusia baru
Bergerak bersatu Himanika
Satu jiwa satu rasa
Kita bangun negara kita
Satu cita satu asa
Himanika pasti jaya

Visi
Mewujudkan Himanika sebagai rumah yang yang produktif dan responsif untuk seluruh Mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Misi
1.       Himanika sebagai wadah aspiratif bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi.
2.       Memperkuat hubungan dengan Jurusan Ilmu Komunikasi dalam mengatasi problematika mahasiwa.
3.       Meningkatkan peran himanika sebagai penyalur potensi serta minat dan bakat Mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam bidang akademik dan non akademik.
4.       Lebih aktif dalam merangkul Mahasiswa Ilmu Komunikasi melalui program kerja Himanika.
5.       Memperluas relasi dengan publik internal dan eksternal Himanika.

Badan Pengurus Harian (BPH) Himanika terdiri dari Ketua Himpunan, Sekretaris, Bendahara dan Hubungan Masyarakat (Humas).
Himanika memiliki enam divisi, yaitu :
  1. Public Relation (PR)
  2. Komunikasi Massa (KOMMAS)
  3. Manajemen Komunikasi Pemasaran (MKP)
  4. Advokasi
  5. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PSDM)
  6. Minat dan Bakat (Minbak)

SOP

KETUA UMUM
1.       Bertanggung jawab atas seluruh kegiatan yang dilaksanakan selama Kepengurusan Himanika 2018.
2.       Menyusun timeline Himanika bersama dengan pengurus Himanika 2018.
3.       Wajib menghimpun seluruh pengurus dan staf dalam kepengurusan Himanika 2018
4.       Memimpin rapat serta bersikap adil dan bijaksana.
5.       Mengetahui setiap perkembangan yang ada dalam Himanika.
6.       Berperan sebagai penentu kebijakan dan menjadi penengah dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan Himanika.

SEKERTARIS
1.       Bertanggung jawab atas penulisan notulensi saat rapat pengurus.
2.       Bertanggung jawab atas surat keluar dan surat masuk.
3.       Bertanggung jawab atas pembuatan proposal.
4.       Bertanggung jawab atas penyusunan laporan pertanggungjawaban.

BENDAHARA
1.       Bertanggung jawab atas uang kas.
2.       Bertanggung jawab atas segala keuangan kepanitiaan.
3.       Bertanggung jawab atas segala dana pagu.

HUMAS
1.       Menjalin hubungan baik dengan pihak eksternal Himanika.
2.       Mengelola official account LINE dengan menjalin kerjasama dengan divisi PR dan divisi Advokasi dalam menjawab seluruh pertanyaan yang masuk melalui official account LINE Himanika.
3.       Mengelola e-mail Himanika dengan bekerja sama dengan sekretaris dan bendahara.
4.       Menjadi tangan kanan atau perwakilan Ketua Himanika ketika Ketua Himanika berhalangan hadir.
5.       Melakukan program kerja humas Himanika.

PR
1.       Membentuk citra dan rasa bangga terhadap Himanika di mata Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi.
2.       Menyosialisasikan program kerja yang ada di Himanika kepada mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi melalui sosial media Himanika.
3.       Melakukan public research opinion terkait evaluasi kepengurusan Himanika kepada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi dan internal Himanika.
4.       Menyelenggarakan Himanika Evaluation Meeting (HEM) sebagai progress report tiap divisi yang dilakukan dua kali.
5.       Social media handling dalam bentuk live report, penyebaran informasi, dan propaganda melalui instagram, twitter dan Official Account Line dengan berkoordinasi bersama divisi-divisi terkait.
6.       Memberikan informasi kepada publik terkait program kerja yang telah dilaksanakan oleh Himanika berupa review dan dokumentasi.
7.       Menjalin, membangun, dan menjaga relasi yang baik dengan stakeholder.
8.       Melakukan program kerja Public Relations Himanika.

Kommas
1.       Menerbitkan Buletin Himanika sebanyak 10 edisi.
2.       Menerbitkan majalah tahunan edisi ke-5.
3.       Mengelola akun Youtube Himanika UB.
4.       Mengelola Official Account, Instagram, dan Website Channel11.comm.

MKP
1.       Mendekorasi ruang kesekretariatan Himanika.
2.       Bertanggung jawab atas pengadaan PDL (Pakaian Dinas Lapangan) Himanika 2018.
3.       Menjalankan fungsi kewirausahaan Himanika berupa Marcomm stall dan Communication Merchandise.
4.       Memfasilitasi kegiatan wirausaha Mahasiswa Ilmu Komunikasi berupa promosi melalui Instagram Himanika.

ADVOKASI
1.       Melayani mahasiswa ilmu komunikasi dalam bidang akademik.
2.       Menampung dan menyalurkan aspirasi dari mahasiswa kepada dosen dan sebaliknya.
3.       Menyampaikan informasi akademik dari dosen/jurusan kepada mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi dengan berkoodinasi bersama Public Relations.
4.       Mewadahi dan menyelenggarakan seleksi mahasiswa berprestasi tingkat jurusan.
5.       Membagikan cerita inspiratif mengenai pengalaman mahasiswa aktif dan alumni Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UB.

PSDM
1.       Mengembangkan sumber daya mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi yang berfokus pada organisasi Himanika yang diwujudkan dengan:
a.       Menciptakan dan memelihara lingkungan organisasi yang sehat dan menyenangkan antar-pengurus, antar-staf, dan antara pengurus dan staf Himanika
b.      Melakukan fungsi regenerasi Himanika
2.       Memberikan apresiasi kepada Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang telah menyelesaikan masa studinya.

MINBAK
1.       Menghimpun, mewadahi, dan mendukung minat dan bakat mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi UB dalam bidang akademik dan non-akademik.
2.       Memberikan apresiasi kepada mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi yang berprestasi dalam bidang akademik dan non-akademik.

Share this:

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment