image1 image2 image3

WELCOME TO 'CHANNEL11.COMM'|HIMANIKA BERSAMA|'FISIP - UNIVERSITAS BRAWIJAYA'

Inovasi Baru, Channel11.COMM Hadir di Instagram



Malang, Channel11.COMM Mengawali tahun ini, divisi Komunikasi Massa (Kommas) Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himanika) membuat terobosan baru dengan meluncurkan portal berita Channel11.COMM berbasis media sosial Instagram.

Sebelumnya, Channel11.COMM telah beroperasi dengan mencetak buletin, memuatnya di  blog dan official account line sebagai media untuk menyebarkan berita.

Muhammd Yufirly, Kepala Divisi (Kadiv) Kommas, mengungkapkan kehadiran Channel11.COMM di instagram  membawa harapan baru agar dapat menggaet lebih banyak pembaca.

“Instagram bisa dibuka di mana, kapan, dan oleh siapa saja. Dengan itu, kami bisa memiliki pengaruh yang lebih luas lagi,” jelas mahasiswa yang akrab disapa Rey ini.

Ia juga mengakui keberadaan Channel11.COMM di instagram disebabkan oleh menurunnya jumlah pembaca berita buletin yang mereka cetak.

“Kami melakukan survei internal dan menemukan hasil bahwa buletin kurang berjalan efektif karena mahasiswa lebih banyak membaca dan mendapatkan informasi secara online dibanding dari media cetak,” tambahnya.

Rey menambahkan, konsep antara media cetak (buletin) dan media online (instagram dan blog) akan sedikit berbeda.

“Di instagram kami memiliki template tersendiri. Tidak hanya memuat berita, kami juga akan menyajikan tulisan-tulisan lain sehingga isinya akan lebih atraktif. Namun, fondasinya tetap sama, yaitu menyajikan berita dan informasi,” lanjut mahasiswa ilmu komunikasi 2016 tersebut.

Laillia Dhiah, selaku Pimpinan Redaksi (Pimred) Channel11.COMM, memberikan tanggapan positif akan terobosan ini. “Melihat trend mahasiswa yang mayoritas lebih aktif di media sosial khususnya Instagram, akan lebih efektif untuk menyebarluaskan berita melalui Instagram,” terang perempuan berjilbab ini.

Mahasiswi semester empat ini juga berharap Channel11.COMM dapat lebih dikenal oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya, bahwa Himanika mempunyai portal berita yang memberikan informasi seputar Ilmu Komunikasi.

Tidak hanya memproduksi tulisan yang dibuat oleh divisi Kommas sendiri, Channel11.COMM juga menerima karya dari mahasiswa Ilmu Komunikasi, mulai dalam bentuk sastra seperti puisi atau cerpen, soft news, hingga tulisan-tulisan inspiratif.

“Konten itu kami beri nama Komtribusi. Di situ mahasiswa Ilmu Komunikasi bisa menyumbangkan karyanya dan dibaca oleh banyak orang. Tulisan yang dibuat dapat dikirim ke e-mail kommashimanikaub@gmail.com,” ucap Rey.

Terakhir, ia mengajak mahasiswa ilmu komunikasi untuk mengikuti akun instagram Channel11.COMM.

Yuk, jangan lupa follow @channell11.COMM! Kami tunggu karya-karya kalian!” tutupnya sekaligus melakukan promosi.

Penulis :
- Latifah Hanum Khairunnisa
Penyunting :
- Laillia Dhiah Indriani
- M Yufirly Raizza Fadilah

Share this:

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment