image1 image2 image3

WELCOME TO 'CHANNEL11.COMM'|HIMANIKA BERSAMA|'FISIP - UNIVERSITAS BRAWIJAYA'

Komunikasi Inspiratif: "Kebetulan yang Meninggalkan Kesan Tersendiri"

Halo Communite! 

Kali ini kita akan membagikan pengalaman magang Dinia Insana (Communite 2015) di salah satu BUMN terbesar di Indonesia, yaitu PT Pertamina (Persero), di Yogyakarta.  Selain berbagi pengalaman, Dinia juga akan memberikan tips dan trik mengenai cara agar bisa mengikuti jejaknya. 

Yuk, kita simak ceritanya!

Dinia Insana, Communite 2015 yang berkesempatan magang di PT Pertamina (Persero).

Sudah dua bulan tepatnya sejak Dinia Insana kembali menjalani rutinitas sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya (UB) setelah berkesempatan magang di PT Pertamina (Persero), Yogyakarta. Ia mengaku bahwa kesempatan magang di salah satu perusahaan milik negara ini merupakan hasil dari “kebetulan” yang tak terduga.
“Jadi waktu itu ceritanya iseng, nggak sengaja gitu sama teman diajak ke Pertamina Jogja. Nah, ya sudah kita daftar. Daftarnya awal Januari, terus pertengahan Januari sudah masuk,” ungkap Dinia.
            Perempuan yang mengambil peminatan Public Relation (PR) ini mengungkapkan bahwa proses mengurus segala kelengkapan berkas yang dibutuhkan terbilang cepat dan terkesan tanpa hambatan. Inilah yang membuatnya semakin yakin untuk memilih Pertamina sebagai “tempat belajar” mengenai dunia kerja profesional.                        
Menjadi seorang Community Development Office (CDO),  Dinia ditugaskan untuk terjun langsung ke masyarakat dalam rangka menjalankan program CSR guna memperbaiki kehidupan masyarakat di sekitar perusahaan. Kemampuan negosisasi dan persuasi sangat ditekankan dalam program-program yang digagas oleh Pertamina ini.
            “Di kantor cabang tempat aku kerja,  kita melakukan program CSR. Ada tiga program yang lagi jalan, jadi kita mendampingi masyarakat disana untuk mengembangkan mereka dari segi ekonomi, budaya, dan sosial. Di sana aku ditugaskan dalam program Kampungku Sehat, itu program pengelolaan sampah,” tutur Dinia.
Satu bulan merasakan dunia kerja profesional, perempuan yang mempunyai hobi dance ini menjadikannya sebagai pengalaman yang tak terlupakan. Bukan hanya mengenai cara menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat setempat, namun atmosfer kekeluargaan juga sangat ia rasakan selama bekerja disana.
Sabar dan jangan mematok ekspektasi terlalu tinggi, merupakan kunci yang ia bagikan tentang bagaimana cara untuk bisa magang di salah satu BUMN ternama di Indonesia tersebut. Pandai-pandai melihat dan memanfaatkan peluang juga merupakan aspek penting yang ia tekankan. Dinia juga membagikan pesan kepada adik-adik tingkat yang sudah mulai merencanakan maupun bagi yang masih bingung akan magang dimana.
              “Tentuin dulu tujuannya mau apa, kamu mau jadi apa. Ketika kamu udah tau mau jadi apa, kamu jadi bisa memetakan kamu akan kemana.” tutup Dinia.

Penulis: Fakhirah Amanda
Editor: Latifah Hanum Khairunnisa 

Share this:

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment