Home Tentang Kami Berita Feature Komtribusi Komspiratif E-Bulletin Advo Info Instagram Our Videos
image1 image2 image3

SELAMAT DATANG DI CHANNEL11.COMM|LAMAN RESMI HIMANIKA UNIVERSITAS BRAWIJAYA|KABINET KOLABORASI

Coba-Coba Membawa Pengalaman dari Negara Lain


Vania saat menjadi volunteer di Korea Selatan
MALANG, Channel11.COMM – Dengan berpegang teguh pada motto hidupnya “jangan takut dan selalu mencoba” membawa Vania Almira, Communite 2017, pergi ke Korea Selatan dan membawa pulang sederet pengalaman berharga. Berangkat sebagai seorang volunteer dalam program Global Volunteer di bawah naungan Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales Universitas Brawijaya (AIESEC UB), gadis 19 tahun ini menceritakan pengalamannya untuk dapat survive di negri orang selama dua bulan, bertemu rekan dari negara lain, dan serangkaian kegiatan seru lainnya.

Global Volunteer adalah program relawan yang diperuntukan bagi para anak muda, khususnya mahasiswa, untuk membantu menyelesaikan masalah yang ada di suatu negara. Vania mendapat kesempatan menjadi salah satu dari tiga relawan perwakilan Indonesia yang berangkat ke negri ginseng. Vania menceritakan bahwa masalah yang dihadapi Korea Selatan saat ini adalah kurangnya keterampilan leadership karena individualitas masyarakat yang tinggi. Oleh karena itu, Vania dan relawan lainnya berperan sebagai konselor dan motivator bagi anak-anak untuk meningkatkan quality education di bidang leadership dengan banyak melakukan sharing session.

Vania menyebutkan bahwa ia merasa seperti mendapatkan pengalaman bekerja, mengingat ia “bekerja” selama lima hari dalam seminggu. Selain itu, ia juga mendapat pengalaman untuk melihat langsung salah satu universitas ternama di Korea Selatan, Hongik University, yang menjadi kampusnya selama berada di sana. Perempuan berambut pendek ini menyebutkan bahwa pengalaman yang paling berkesan adalah bagaimana ia benar-benar harus merencanakan segala sesuatu dengan baik untuk bertahan hidup di negri orang. Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan juga sangat diuji, tidak hanya secara fisik, namun juga mental karena perbedaan budaya.

“Soal kuliah, aku nggak masalah karena aku ke sana waktu liburan. Cuma emang sempet tabrakan sama prokerku di Divisi PSDM di Himanika,” tutur Vania, yang kini tengah menjabat sebagai Ketua Divisi Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) Himanika ketika ditanya perihal kendala yang dihadapi terkait perkuliahan selama menjadi volunteer. Meskipun mengalami kendala, Vania bisa mengatasinya dengan tetap memantau program kerjanya via online.

Vania mengaku hanya sekedar mencoba-coba ketika mendaftar setelah melihat antusiasme dari teman-temannya. Namun, ia tidak menyesal karena “coba-coba” itulah ia mendapat pengalaman survive di negri orang, bertemu banyak orang baru, dan tentu saja meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris yang berguna bagi masa depannya. Pengalaman berharga ini berhasil didapatkan Vania karena prinsipnya untuk mencoba banyak hal ketika ada kesempatan yang datang. Meski terbersit rasa ragu, ia tetap mencoba agar tidak menyesal di kemudian hari. “Apapun kesempatan yang datang, coba aja. Meskipun ngerasa kurang yakin sama diri sendiri, harus tetap mencoba. Karena menurutku, nothing impossible,” pungkasnya.


Penulis:
Embun Nadha Pawestri

Penyunting:
Athaya Nadjla Azzariaputrie


Share this:

CONVERSATION

1 Comments:

  1. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete