Home Tentang Kami Berita Feature Komtribusi Komspiratif E-Bulletin Advo Info Instagram Our Videos
image1 image2 image3

SELAMAT DATANG DI CHANNEL11.COMM|LAMAN RESMI HIMANIKA UNIVERSITAS BRAWIJAYA|KABINET KOLABORASI

Sunnyjek di Tengah Polemik Pelarangan Masuknya Ojek Online


ojek online buatan Communite 2017
MALANG, Channel11.COMM Bulan Januari lalu, Rektorat Universitas Brawijaya mengeluarkan surat edaran rektor mengenai pemberlakuan stiker kendaraan masuk yang mulai diberlakukan pada Kamis (28/02). Kebijakan baru itu dinilai meresahkan sebagian besar warga UB, terutama mahasiswa yang tidak memiliki kendaraan pribadi dan mengandalkan keberadaan ojek online.

Di tengah polemik peraturan ojek online yang tidak diperbolehkan memasuki kampus, Shinta Era Kaelani, Communite 2017, memanfaatkan momen ini untuk mengadakan Sunnyjek. Sunnyjek berawal saat sekelompok mahasiswa yang merupakan Communite 2017 mengadakan sebuah event organizer (EO) bernama Sunnyside EO untuk memenuhi mata kuliah Manajemen Tim Kreatif. Sunnyjek sendiri dibuat sebagai dana usaha (danus) untuk menambah dana untuk acara yang diadakan Sunnyside EO.

Motif utama kita menciptakan Sunnyjek adalah untuk dana usaha mata kuliah Manajemen Tim Kreatif, dimana pada mata kuliah tersebut kita diwajibkan membuat suatu event. Dikarenakan kami tidak ingin mencari dana dengan hal yang mainstream, akhirnya kami mencoba mencari ide yang anti-mainstream yang tentunya berangkat dari permasalahan di sekitar kita,” ujar Shinta. “Munculah jasa antar jemput  (antarfakultas) mengingat sekarang UB tidak memperbolehkan Gojek/Grab masuk kampus. Jadi, kami mengira ide ini sangat cemerlang untuk warga UB,” tambahnya. Ia menyebutkan bahwa Sunnyjek tercipta dari gagasan danus yang memanfaatkan kebijakan kampus yang dinilai meresahkan warga UB.

Bryan Dirgayudha, Communite 2017 yang merupakan ketua pelaksana acara yang diselenggarakan Sunnyside EO, mengatakan bahwa Sunnyjek sendiri sebenarnya tidak diketahui oleh pihak universitas. “Kampus, sih, tidak tau pastinya. Namun, kalau dari pihak dosen pasti tau karena kita selalu follow up ke pihak dosen apa saja yang akan kita lakukan dan alhamdulillah diapresiasi oleh dosen karena dinilai kreatif dalam memanfaatkan kebijakan kampus untuk mencari dana tambahan,” ujar Bryan.

Bryan mengungkapkan bahwa setiap harinya Sunnyjek kerap mendapat pesanan, Jumlah tiap driver yang mendapat pesananpun berbeda-beda. “Ada yang dapet dua, ada yang dapet lima, ada juga yang cuma dapet satu. Kita belum pernah merekap, sih, yang penting ada pemasukan untuk kegiatan kita,” pungkasnya.

Perihal penumpang, Bryan menyebutkan bahwa penumpang yang memesan berasal dari berbagai macam fakultas. “Ada dari FEB, FH, FTP, FAPET. Macem-macem, deh,” sebutnya.

Robert, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB) yang merupakan salah satu pengguna Sunnyjek, mengatakan bahwa ia mengetahui tentang Sunnyjek dari temannya yang membagikan tentang Sunnyjek di grup LINE-nya, dan Robertpun memberikan respon positif kepada Sunnyjek. “Mudah dihubungi, dan juga fast respond. Driver-nya pun juga ramah dan baik,” pungkasnya. Robert berharap kedepannya Sunnyjek dapat berkembang lebih pesat dan memunculkan banyak ide kreatif lainnya.

Lalu, bagaimana dengan nasib ojek online yang dilarang masuk UB? Menurut Agus Donomulyo, salah satu driver ojek online, hal seperti Sunnyjek baginya tidak berpengaruh apa-apa dan tidak mengganggunya. “Mau bagaimana lagi, sudah kebijakan kampus. Kalau tidak boleh masuk, ya sudah. Saya pribadi juga tidak keberatan apabila ada mahasiswa yang mengambil kesempatan tersebut dan membuka usaha sendiri. Sayapun masih ramai order-an walau hanya diluar gerbang,” tutupnya.

Begitu juga dengan Amalia Dwi yang juga merupakan driver ojek online. “Iya, saya tau kalau di dalem UB ada ojek online bikinan mahasiswa, soalnya anak saya juga mahasiswi UB dan dia pernah coba pake ojek online bikinan mahasiswa. Menurut saya inovatif banget, apalagi yang bikin mahasiswa,” ucapnya. Amalia Dwi juga mengatakan bahwa ia tidak merasa keberatan dengan adanya ojek online buatan mahasiswa, malah ia sangat mengapresiasi inovasi dan kreativitas mahasiswa tersebut. [nad/hmd]


Penulis:
Nada Salsabila
Halgi Mashalfi Degel

Penyunting:
Athaya Nadjla Azzariaputrie






Share this:

CONVERSATION

3 Comments:

  1. Trimakasih channel11 ❤️🙏

    ReplyDelete
  2. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete
  3. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete