Home Tentang Kami Berita Feature Komtribusi Komspiratif E-Bulletin Advo Info Instagram Our Videos
image1 image2 image3

SELAMAT DATANG DI CHANNEL11.COMM|LAMAN RESMI HIMANIKA UNIVERSITAS BRAWIJAYA|KABINET KOLABORASI

Renovasi Gazebo Belakang: Wajah Baru Si Jingga

suasana gazebo belakang di pagi hari

MALANG, Channel11.COMM Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB) memiliki wajah baru. Mahasiswa FISIP tentunya menyadari pemugaran Gazebo Belakang yang sedang berlangsung seiring dengan bertambahnya gerai kantin FISIP.

Gazebo Belakang yang identik dengan tempat berkumpulnya mahasiswa FISIP, untuk mengerjakan tugas atau sekadar bertukar pikiran, mengalami perubahan yang cukup signifikan. Renovasi fasilitas tersebut tentunya memiliki dampak bagi sebagian besar mahasiswa. Mulai dari pembatas yang menghalangi jalan di sisi kanan dan kiri Gazebo Belakang, sampai penambahan bangku panjang menjadi pemandangan baru di “Kampus Jingga”.

Arkanul Kautsar, Communite 2018, menyadari beberapa perubahan yang terjadi di sekitar Gazebo Belakang. “Yang paling baru saya lihat, tuh, mejanya di-mur ke lantai, jadi nggak bisa dipindahin,” ujar mahasiswa yang akrab dipanggil Arka ini.

Menurutnya, renovasi Gazebo Belakang adalah langkah yang baik dari pihak kampus. Namun, ia merasa kurang mengerti mengapa FISIP merenovasi Gazebo Belakang. Ia juga beranggapan bahwa renovasi ini bertujuan untuk membuat mahasiswa lebih nyaman saat menggunakan fasilitas yang ada di FISIP. “Mungkin untuk mempercantik Gazebo Belakang,” pungkasnya.

Meskipun begitu, Arka merasa proses pengerjaan Gazebo Belakang tidak didampingi dengan kebersihan yang baik. “Kan udah identik dengan orang-orang yang nongkrong-nya nge-rokok, tuh,” katanya. “Harapan saya, sih, ke depannya disediakan asbak untuk mereka yang merokok.” lanjutnya.

Berbeda dengan Alifia Zahra, Communite 2018. Mahasiswi yang akrab disapa Ara ini tidak begitu terpengaruh dengan adanya renovasi Gazebo Belakang. Namun, ia mengaku pernah mendengar isu tentang renovasi ini. “Pernah denger, katanya mau dijadiin kantin juga, tapi nggak tau bener atau nggak,” ujarnya.

Channel11.COMM pun menemui Yoga Prabowo, Koordinator Urusan Unit Umum dan Perlengkapan FISIP UB, untuk mendapat penjelasan terkait renovasi Gazebo Belakang. Yoga menjelaskan bahwa upaya renovasi Gazebo Belakang ini untuk memenuhi tiga aspek utama. “Intinya itu namanya renov, ya, perbaikan kebersihan, keamanan, juga kenyamanannya,” ungkapnya. Namun, Yoga enggan berbicara banyak perihal alokasi dana dari pihak fakultas untuk renovasi ini.

Ia mengungkap, kurangnya kebersihan di kantin dan Gazebo Belakang karena dahulu tenaga kebersihan tidak sepenuhnya dari pihak FISIP, sehingga pihak fakultas sulit untuk mengontrolnya. “Sekarang ada tenaga cleaning service, murni dari PT dan CV yang direkrut oleh fakultas,” jelasnya. Selain hal itu, terkait tidak adanya asbak untuk perokok, Yoga berkata  bahwa dahulu, beberapa mahasiswa pernah mendapat tugas mata kuliah yang mengharuskan membuat asbak, mulai dari asbak yang terbuat dari kaca hingga pipa. “Sekarang balik lagi ke mahasiswanya, peduli nggak sama kebersihannya?” ucap Yoga.

Tempat sampah juga menjadi fokus lain dari renovasi ini. Yoga mengatakan nantinya, beberapa tempat sampah dan wastafel akan dikumpulkan di satu tempat agar memudahkan mahasiswa.  “Tapi untuk implementasi aplikasi di lapangan, ya, kita tau semua buangnya tetep sembarangan. Tong sampah itu sampe bersih, nggak ada isinya, tapi sampahnya di meja-meja. Udah, berartikan kepeduliannya juga kurang,” keluhnya.

Pria ini menjelaskan bahwa pengadaan pembatas berupa pagar di Gazebo Belakang merupakan bagian dari aspek keamanan. Terlebih, akses ke Gazebo Belakang terbuka untuk umum. Hal ini mengakibatkan banyaknya pedagang liar yang secara tidak langsung memakai fasilitas di FISIP dan mengakibatkan omzet pedagang di kantin menurun. “Tanpa sewa, sedangkan pedagang kantin di sini, mereka sewa,” akunya. Lalu, penambahan meja dan kursi di gazebo belakang merupakan bagian dari aspek kenyamanan. “Daya tampungnya sekitar seratus untuk meja dan kursi,” ungkap Yoga.

Yoga berharap agar seluruh elemen, mulai dari mahasiswa, staf, hingga dosen, bisa sama-sama meningkatkan kepedulian akan lingkungan FISIP. Selain itu, ia ingin bagian Perlengkapan FISIP tidak terus-menerus mengurusi soal perbaikan, tetapi juga pengembangan, sehingga fasilitas yang ada dapat menjadi semakin baik. Mengingat pemugaran salah satu fasilitas ini bertujuan untuk ‘memperbaiki’ Gazebo Belakang; dari sisi kebersihan, keamanan, dan kenyamanan. [leo/ay]




Penulis:
Adrian David Leonardo
Athaya Nadjla Azzariaputrie

Penyunting:
Athaya Nadjla Azzariaputrie



Share this:

CONVERSATION

2 Comments:

  1. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete
  2. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete