image1 image2 image3

WELCOME TO 'CHANNEL11.COMM'|HIMANIKA BERSAMA|'FISIP - UNIVERSITAS BRAWIJAYA'

HIMANIKA MENURUT MEREKA

Oleh : Chalsy Febrina Aditya dan Alfiazahra
Universitas merupakan sebuah institusi tinggi pendidikan yang berisikan banyak pelajar, atau yang akrab kita sebut dengan mahasiswa. Banyak faklutas dan jurusan dalam Universitas yang menggunakan Himpunan sebagai wadah untuk menghimpun mahasiswa-mahasiswanya. Himpunan dapat dikatakan sebagai organisasi yang dikelola oleh mahasiswa untuk mahasiswa itu sendiri. Himpunan juga merupakan sebuah medium mudah untuk menyalurkan aspirasi mahasiwa, baik itu negatif atau positif kepada jurusan atau fakultasnya. Tidak sedikit yang menganggap bahwa himpunan adalah OSIS dari jurusan di perkuliahan. Mahasiswa sendiri banyak yang beranggapan bahwa Himpunan merupakan aspek yang diperlukan dalam kemahasiswaan.
” Menurut saya itu Himpunan itu penting karena kan kampus itu gede banyak fakultasnya banyak jurusannya juga, kalau gak ada himpunan nanti informasinya darimana kan, satu kampus aja fakultasnya banyak, kalau misalkan gak ada himpunan yang khusus jurusan nanti informainya kelabakan, ya jadi himpunan itu penting.” ujar Felly Eliza Putri, mahasiswi Ilmu Komunikasi UB 2015.
Himpunan mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMANIKA), merupakan salah satu himpunan di Universitas Brawijaya yang berada dalam naungan FISIP. HIMANIKA yang berdiri mulai tahun 2004 memiliki 5 divisi serta 1 biro ditambah humas dan bedan pengurus harian. Fungsi HIMANIKA di Ilmu komunikasi UB memiliki anggapan yang beragam dari mahasiwa jurusan Ilmu Komunikasi itu sendiri.
Untuk memfasilitasi segala kebutuhan yang dibutuhkan oleh mahasiswa ilmu komunikasi. Memfasilitasinya lewat divisi-divisi yang terkait misalnya kita punya advokasi tugasnya mengadvokasi mahasiswa. Terus kita punya biro minat dan bakat khususnya untuk memfasilitasi minat dan bakat mahasiswa ilmu kom. Kemudian ingin belajar mengenai pr, kommas kemudian mkp itu bisa juga difasilitasi oleh tiga divisi terkait. Jadi sebenernya fungsi himpunan itu memfasilitasi selain itu juga menghimpun Mahasiswa” jelas Jibran Averusy, Ketua Himpunan Ilmu Komunikasi 2016.
HIMANIKA tentu saja dalam menjalankan tugas dan fungsinya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Menurut Arini Dina Yasmin, mahasiswi Ilmu Komunikasi 2015 HIMANIKA sebagai sebuah himpunan sangat mencerminkan peminatan-peminatan yang berada di jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya, terlihat melalui berbagai program kerja HIMANIKA. Selain itu acara-acara yang diadakan untuk mahasiswanya juga cukup bervariasi dan inovatif.
”Kalo kekurangannya mungkin karena mahasiswanya banyak jadi kurang dapat merangkul seluruh mahasiswa komunikasi yang ada di ILKOM UB, kecuali yang pernah ikut kepanitiaan himanika, beda menurutku sama beberapa himpunan lain yang sudah mampu merangkul semua elemen-elemen di jurusannya. Tetapi overall himanika sudah bagus.” tambah Arini.
Salah satu yang menjadi faktor penting dalam menghimpun seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi adalah koordinasi dan kerjasama antar divisi.

“Fungsi kahim disini selain saya menghimpun secara langsung, saya juga harus mengayomi divisi-divisi saya sesuai dengan jobdesknya masing-masing. Bagaimana saya mengarahkan, bagaimana saya memberikan informasi, meberikan semangat itu juga sebenernya fungsi saya untuk menghimpun komunikasi seluruhnya lewat divisi yang ada di HIMANIKA” tutup Jibran. 

Share this:

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment