image1 image2 image3

WELCOME TO 'CHANNEL11.COMM'|HIMANIKA BERSAMA|'FISIP - UNIVERSITAS BRAWIJAYA'

Komunikasi Inspiratif: Dari Menteri Keuangan hingga Duta Besar Eropa

OCA – Mahasiswi Ilmu Komunikasi angkatan 2015 yang Sukses Magang di Kemenkeu RI
Malang, Channel11comm – Merasakan pengalaman magang di Kementrian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) menjadi kebanggaan tersendiri bagi Annisa Yosa, mahasiswi Ilmu Komunikasi Brawijaya angkatan 2015. Walaupun pada awalnya Oca, sapaan akrabnya, mengaku tidak ada alasan khusus mengapa memilih Kemenkeu sebagai tujuan magang.

“Sebenernya nggak ada alasan tertentu ya, cuma pengen nyobain aja magang di pemerintahan itu gimana. Trus nyari-nyari dan ada Kemenkeu lagi buka lowongan magang gitu kan, dan ternyata waktu magangnya bisa sebulan juga,” ungkap Oca.

Sejak 10 Januari 2018 hingga 19 Februari 2018, Oca ditempatkan di Biro Komunikasi dan Layanan Informasi bagian Manajemen Hubungan Media dan Protokol.  Magang di Kemenkeu memberi Oca pengalaman untuk turun secara langsung mengikuti Menteri Keuangan melakukan konferensi pers dan bekerja secara profesional.

“Nah, di bagian Manajemen Hubungan Media, aku biasanya ikut konferensi pers menteri keuangan dan ngerekam pidato menteri keuangan sama doorstop. Hasilnya bakal ditranskip dan jadi bukti kalo misalnya ada pemberitaan dari media massa yang salah atau keliru,” jelasnya.
Melaksanakan tugas protokol juga sempat dirasakan oleh perempuan kelahiran Jakarta ini. Hal penting yang perlu dilakukan dalam tugas ini adalah mempersiapkan tata tempat, tata acara, dan tata upacara.

“Misalnya, waktu itu Menteri Keuangan ada rapat sama delapan belas duta besar negara Eropa. Aku dan sub-bagian protokol menata ruang rapat seperti menyusun nama-nama perwakilan negara Eropa di meja. Setelah menata ruangan, aku menyambut dan mendampingi delapan belas duta besar negara Eropa itu menuju ruang rapat,” ungkapnya.  Selain itu apabila ada acara di luar yang harus dihadiri oleh Menteri Keuangan, sebagai sub-bagian protokol, ia harus berada di lokasi terlebih dahulu untuk mengontrol tempat dan situasi acara. 

Oca mengaku senang dan bersyukur bisa mendapatkan pengalaman magang di Kemenkeu. Tak lupa, ia membagikan tips untuk adik-adik tingkat yang sedang dalam tahap mencari tempat magang.
“Jadi intinya jangan cuma lamar ke satu tempat, harus ada plan b nya juga. Trus juga kalo bisa jangan mepet-mepet (daftar) takutnya udah full kan” tutup Oca.

Penulis : Ananda Dinda
Penyunting : Latifah Hanum Khairunnisa

Share this:

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment