image1 image2 image3

WELCOME TO 'CHANNEL11.COMM'|HIMANIKA BERSAMA|'FISIP - UNIVERSITAS BRAWIJAYA'

Seminar Komunikasi Kesehatan: Komunikasi dalam Dunia Kesehatan Juga Sangat Penting

Seminar Komunikasi Kesehatan: Komunikasi dalam Dunia
Kesehatan Juga Sangat Penting

Deddy Mulyana sampaikan materi di FISIP UB

Malang, Channel11.COMM – Rabu (9/5) Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan llmu Politik (FISIP UB) serta  dosen Jurusan Ilmu Komunikasi adakan Seminar dan Diseminasi Hasil-hasil Penelitian Komunikasi Kesehatan di Auditorium Nuswantara lantai 7 gedung B FISIP UB. 

Dengan mengangkat tema “Memotret Perkembangan Kajian Komunikasi Kesehatan di Indonesia”, acara ini menghadirkan  Deddy Mulyana, Citra Insany Irgananda, dan Siti Karlinah sebagai pembicara. Antusias mahasiswa cukup tinggi,  dilihat dari penuhnya tribun Auditorium Nuswantara. Tidak hanya mahasiswa FISIP saja, mahasiswa dari luar FISIP UB juga datang mengikuti Seminar dan Diseminasi Hasil-Hasil Penelitian Komunikasi Kesehatan ini.

Seminar dimulai pukul 13.30 dengan dibuka oleh Prof. Unti Ludigdo, Dekan FISIP UB. Dilanjutkan dengan materi  pertama yang dibawakan oleh Deddy Mulyana. Guru Besar Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran (FIKOM UNPAD) ini menyampaikan materi Communicating skill sebagai salah satu komponen penting dalam profesionalisme dokter. “Komunikasi hadir di mana-mana. Bahkan seorang dokter pun memerlukan komunikasi dengan pasiennya untuk menentukan penyakit yang diderita pasien. Nggak mungkin kan dokternya hanya dengan melihat pasien dapat mengetahui penyakit yang diderita si pasien?” ujar  Deddy Mulyana di sela-sela materinya.

Materi selanjutnya disampaikan oleh  Citra Insany Irganan, dosen Fakultas Kedokteran Gigi UB. Pada kesempatan kali ini, ia membawakan materi mengenai kasus yang diterjadi di lapangan ketika dokter berkomunikasi dengan pasien.  Sedangkan materi ketiga tentang etika komunikasi kesehatan dalam media dibawakan oleh Siti Karlinah, dosen dari Universitas Padjajaran. Terakhir Tine Silvana membahas materi mengenai komunikasi dokter dan pasien juga studi kasus di lapangan hasil penelitian yang telah ia lakukan. Seminar yang dimoderatori oleh Sri Handayani ini ditutup dengan foto bersama pemateri dan peserta seminar. [drey]


Penulis : Audrey Tiara
Penyunting : Laillia Dhiah 

Share this:

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment