image1 image2 image3

WELCOME TO 'CHANNEL11.COMM'|HIMANIKA BERSAMA|'FISIP - UNIVERSITAS BRAWIJAYA'

VLC Beri Efek Disiplin atau Perekat Angkatan

Sebagaimana program binaan jurusan pada umumnya, tujuan VLC adalah untuk mengenalkan kehidupan kampus serta mengajarkan bagaimana mahasiswa baru beradaptasi dengan lingkungan barunya. Selain itu, VLC juga memberi dampak sosial bagi para pesertanya. 
 
Berdasarkan hasil wawancara kami dengan narasumber yang merupakan para mahasiswa angkatan 2014 dan 2015, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dampak sosial yang dipengaruhi oleh probin jurusan ini. Mulai dari pengetahuan mereka tentang manfaat VLC sendiri sampai seberapa besar mereka mengenal  teman-teman satu jurusannya.

Untuk manfaat VLC sendiri rata-rata mahasiswa yang mengikuti VLC mengatakan bahwa VLC merupakan perekat angkatan. Bagi mereka VLC itu merupakan ajang untuk mengenal banyak teman, mengetahui dosen yang mengajar di jurusan Ilmu Komunikasi, hingga senior-senior mereka yang berada dijurusan yang sama serta adaptasi terhadap lingkungan kampus yang baru. 

Namun  kebanyakan mahasiswa angkatan 2014 lebih memilih pernyataan bahwa VLC mengajarkan mereka agar memiliki disiplin yang tinggi dibandingkan sebagai perekat angkatan. Padahal, mengenal teman satu jurusan itu sangat penting, karena memiliki dampak yang besar terhadap  kehidupan sosial kita di kampus. Mulai dari mudah untuk bertanya seputar tugas, teman nongkrong atau sekedar menitipkan surat izin. Baik dari angkatan 2015 maupun 2014 mereka semua setuju jika kita mengenal teman satu jurusan kita, mereka akan dipermudah karena banyaknya relasi sehingga membuka peluang pekerjaan bagi mereka.

Dapat disimpulkan bahwa VLC dari tahun  2014 dan 2015 memiliki perbedaan dampak sosial. Angkatan 2015 lebih merasa bahwa VLC pada tahun mereka adalah ajang untuk mengenal sebanyak mungkin teman. Hal itu terbukti dari banyaknya mereka mengenal teman satu jurusannya, bukan setelah semester atas namun semenjak mereka masih berpredikat mahasiswa baru. Hal yang berbeda terjadi di angkatan 2014, menurut mereka VLC lebih memfokuskan pada pengajaran tentang kedisiplinan dibandingkan merekatkan diri dengan paa individu di angkatan mereka sendiri. 

Semoga saja VLC tahun ini dapat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga tidak hanya mengajarkan tentang kedisiplinan namun juga berdampak besar sebagai perekat angkatan.

Share this:

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment