Home Tentang Kami Berita Feature Komtribusi Komspiratif E-Bulletin Advo Info Instagram Our Videos
image1 image2 image3

SELAMAT DATANG DI CHANNEL11.COMM|LAMAN RESMI HIMANIKA UNIVERSITAS BRAWIJAYA|KABINET KOLABORASI

Datangkan Profesor dan Praktisi, UB Tingkatkan Proses Internasionalisasi

Tony Chalkey - Professor Asal Diekin University Australia sedang mengajar kuliah umum.

MALANG, Channel11.COMM - Universitas Brawijaya (UB) tengah melaksanakan program Dosen 3 in 1 yang merupakan penyatuan tiga unsur dalam pelaksanaan kuliah, yaitu dengan mendatangkan Profesor dari luar negeri,  dosen atau akademisi dari UB, dan praktisi yang bekerja sesuai bidangnya. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), khususnya Ilmu Komunikasi, ikut dalam penerapan proses tersebut yang memang direncanakan untuk mulai pada tahun 2018.  Program dari rektorat ini bertujuan untuk Internasionalisasi di setiap jurusan.

Sinta Swastikawara, salah satu akademisi pada program Ilmu Komunikasi, menuturkan bahwa adanya program dosen 3 in 1 ini memiliki beberapa dampak. Dengan dilaksanakannya program yang melibatkan dosen-dosen dari luar negeri diharapkan dapat memperluas wawasan yang dimiliki oleh mahasiswa maupun akademisi.

Namun, di sisi lain, beliau juga mengungkapkan terkait dengan dampak lain, “Ini menjadi tidak nyaman karena dilaksanakan secara bersama-sama, sehingga banyak program perkuliahan yang sudah dirancangkan di awal semester menjadi berantakan,” ungkapnya. Terlepas dari itu, beliau tetap berharap bahwa nantinya setiap jurusan mendapatkan Internasionalisasi, khususnya jurusan Ilmu Komunikasi.

Selain itu, Abdul Wahid, yang juga merupakan akademisi dari Ilmu Komunikasi, juga memaparkan bahwa merupakan hal yang lumrah jika ada beberapa kendala, terlepas dari tujuannya, yaitu memberikan pengayaan keilmuan kepada dosen maupun mahasiswa, juga menguatkan budaya akademik di jurusan Ilmu Komunikasi. Ia berharap dengan adanya program ini dalam bidang pengajaran,  kajian-kajian dalam Ilmu Komunikasi menjadi lebih luas lagi dan adanya kerjasama di bidang riset yang kemudian juga dapat membawa dampak ke proses Internasionalisasi UB, meskipun hingga saat ini tujuan itu belum terlalu dikedepankan.

Program dosen 3 in 1 yang akhir-akhir ini digencarkan khususnya pada jurusan Ilmu Komunikasi UB turut mendapat tanggapan dari mahasiswa, salah satunya Hanif yang juga merupakan  Communite 2017. Menurutnya, selain memberikan pengetahuan secara global, mengingat adanya kuliah tamu yang dilakukan oleh Professor dari luar negeri, dengan mendatangkan praktisi dari sebuah korporat juga dapat menambah wawasan yang ada pada dunia kerja saat ini.  “Sejauh ini, terkadang, dari tema yang disajikan memang melenceng, poinnya kurang kena. Namun, ada beberapa informasi penting yang disampaikan sih. Baik diluar topik atau masih sesuai topik.” terangnya. [zir/ta/hmd/leo]

Penulis:
Balqis Fauzira Adawinsa Putri
Halgi Mashalfi
Titafani Anggareni
Adrian David Leonardo

Penyunting:
Audrey Tiara Faddila

Share this:

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment