image1 image2 image3

WELCOME TO 'CHANNEL11.COMM'|HIMANIKA BERSAMA|'FISIP - UNIVERSITAS BRAWIJAYA'

Flashback Satu Tahun Kepengurusan HIMANIKA 2015



Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi atau yang biasa disingkat dengan HIMANIKA telah berdiri selama lebih dari 10 tahun di Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB). Pada kepengurusan tahun 2015, yang diketuai oleh Fajar Surya Dewantara (Ilmu Komunikasi 2013), HIMANIKA semakin banyak dikenal tidak hanya oleh internal tetapi juga eksternal universitas. Pemberian nama “HIMANIKA Satu Jaya” memberikan harapan agar himpunan ini semakin menghimpun semua mahasiswa ilmu komunikasi, baik mahasiswa aktif, alumni, bahkan para dosen. Ketika diwawancarai, Fajar mengatakan bahwa di HIMANIKA, baik internal maupun eksternal, terdiri dari berbagai macam tipe dan karakteristik. Ketika mereka bergabung atas nama satu Ilmu Komunikasi, maka semuanya akan bersatu dan makin jaya.
Tidak jauh berbeda dari kepengurusan sebelumnya, HIMANIKA terdiri dari 5 divisi dan BPH. Pada kepengurusan tahun 2015, HIMANIKA berhasil mengukir beberapa prestasi di ranah fakultas, seperti pemenang Lomba Sekretariat Terbersih dan Lomba Olimpiade FISIP. Selain itu, dalam tataran organisasi HIMANIKA melaukan inovasi dalam pembuatan program kerja, karena ingin menyeimbangakan antara kerekatan internal dan ekternal himpunan.
Program kerja tersebut antara lain adalah Hi-Day (HIMANIKA On Birthday) yang juga diperuntukkan kepada seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi yang berulang tahun, COS (Communication on Society) yang menjalin hubungan dengan masyarakat melalui kerjasama dalam bentuk branding produk di daerah Ngantang, BMF (Brawijaya Mass Media Fair), dan COD (Communication on Discuss) yakni sharing discussion dengan para dosen mengenai isu-isu dalam kajian Ilmu Komunikasi. Di lain sisi, HIMANIKA juga turut memperkuat program kerja yang telah ada. Contohnya dengan semakin memaksimalkan CIA (Communication in Action), Commolympic, Public Reasearch and Opinion, dan Advokasi Informasi.
Lalu bagaimana tanggapan teman-teman yang lain mengenai eksistensi HIMANIKA?
“Saya akui, Himanika periode tahun ini sudah semakin baik daripada periode sebelumnya,” Ungkap Bhadrika Grahita (Ilmu Komunikasi 2012) yang lebih akrab disapa Daglong. “Jangan lupa untuk tetap bekerja dengan logika, hati, dan logistik!” saran Mas Daglong, menambahkan.
            “Saya sangat merasakan manfaat Himanika untuk perkuliahan saya. Dari mulai membantu saat KRS-an, berbagai cangkrukan yang memberikan pencerahan, seminar-seminar yang memberikan wawasan, hingga berbagai info akademis,” Ungkap Kuntjoro Nuril Ardhi, mahasiswa Ilmu Komunikasi 2013.
Kini HIMANIKA 2015 telah berjalan hampir satu tahun. Di akhir kepengurusan ini, HIMANIKA akan tetap melayani dan memberikan informasi kepada seluruh warga komunikasi serta makin menjalin hubungan yang baik dengan pihak dosen. (alv/nps)


Share this:

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment