image1 image2 image3

WELCOME TO 'CHANNEL11.COMM'|HIMANIKA BERSAMA|'FISIP - UNIVERSITAS BRAWIJAYA'

Komunikasi Inspiratif: “Jika Kita Percaya Kita Bisa, Kita Pasti Bisa”

JUNGMA – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2015 Pertama yang Sudah Menjalani Ujian Seminar Proposal Skripsi

“Karena di buku panduan semester 6 sudah bias nyusun skripsi dan mata kuliah pilihan. Jadi, saya ikuti saja yang ada di buku panduan,” ujar I Gusti Lanang Agung Kharisma Wibhisono, mahasiswa semester 6 jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya (UB).

Hal itulah yang membuat mahasiswa yang akrab dipanggil Jungma ini untuk segera menyusun skripsinya. Pada Senin (9/4), Jungma berhasil menjalani seminar proposal dan menjadi mahasiswa pertama di angkatannya yang telah menjalani salah satu rangkaian ujian untuk memperoleh gelar sarjana tersebut.

“Ini baru permulaan. Masih banyak tahapan yang belum aku hadapin serta jumlah SKS yang harus dilengkapi,” ungkapnya. Jungma memiliki banyak target, salah satunya lulus tepat waktu. Ia sedang berjuang untuk memenuhi target tersebut dan berharap agar dapat terealisasi sesegera mungkin.

Bagi Jungma, memilih tema serta topik bahasan yang sesuai dengan minat merupakan salah satu faktor utama dalam mengerjakan skripsi. Pria asal Bali ini berpendapat bahwa jika kita menulis skripsi dengan tema yang kita suka, kita tidak akan merasa terbebani dalam menjalaninya. Selain itu, memilih dosen pembimbing yang sesuai dengan tema skripsi juga memegang peranan penting untuk mempermudah penelitian yang kita lakukan.

Tidak hanya permasalahan akan tema dan dosen pembimbing, Jungma juga menekankan bahwa diskusi dengan kakak tingkat perihal akademis harus turut dilakukan agar kita memiliki pengetahuan yang lebih luas. Dalam memilih topik pun kita juga harus pandai. Sebaiknya kita memilih topik yang mempunyai peluang yang besar untuk dikaji.

Don’t stop believing, kalimat itulah yang selalu diingat Jungma dalam perjalanannya mengerjakan skripsi. “Jika kita percaya bahwa kita bisa, maka kita pasti bisa,” tegas Jungma.

Penulis: Muhammad Hanif Arham
Penyunting: Latifah H. Khairunnisa

Share this:

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment