image1 image2 image3

WELCOME TO 'CHANNEL11.COMM'|HIMANIKA BERSAMA|'FISIP - UNIVERSITAS BRAWIJAYA'

Menginjak Usia Ke-14, FISIP UB Terus Tunjukan Perubahan Progresif




Malang, Channel11.COMM – Bertambah usia setiap tahunnya tidak hanya dialami oleh manusia saja. Minggu (8/4) FISIP Universitas Brawijaya (FISIP UB) baru saja berulang tahun yang ke sepuluh.

Bermula dengan nama Program Ilmu Sosial (PIS) yang didirikan tanggal 13 November 2003 dengan SK Dirjen Dikti Depdiknas Nomor 3545/D/T/2003, FISIP UB dahulu hanya membuka dua program studi (Prodi), yaitu Prodi Sosiologi dan Prodi Ilmu Komunikasi. Perkembangan yang pesat terjadi terhadap PIS hingga pada tanggal 29 Februari 2018 dengan SK Nomor 536/D/T/2008, PIS berubah nama menjadi Fakultas Ilmu Sosial (FIS). Di tahun yang sama, nama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) ditetapkan dengan SK Rektor tertanggal 8 April 2008 Nomor 090/SK/2008.

Setelah sepuluh tahun resmi berdiri sebagai FISIP UB, fakultas yang terkenal dengan warna jingga ini mempunyai dua jurusan (Sosiologi dan Ilmu Komunikasi) dan empat prodi (Ilmu Politik, Ilmu Pemerintahan, Hubungan Internasional, Psikologi). Dari tahun ketahun FISIP telah bebenah dalam banyak hal, mulai dari fasilitas, sarana pra sarana, kemahiran dosen hingga prestasi mahasiswa yang kian meletup tidak hanya berhenti di tingkat nasional namun hingga ke kaca internasional.

Dewanto Putra Fajar, selaku salah satu dosen di FISIP UB, mengatakan bahwa beliau telah menganggap FISIP sebagai rumah keduanya sejak tahun pertamanya mengajar pada tahun 2011. Sudah sekitar 6 tahun terjun dalam pekerjaannya di FISIP tidak membuat Dewanto bosan atau jenuh. “Saya merasa FISIP nih nyaman. Saya berangkat dengan ceria dan happy, ungkap dosen Jurusan Ilmu Komunikasi ini.

Menurut Dewanto, perkembangan FISIP UB sangat pesat. Fasilitas-fasilitas yang disediakan pun dari tahun ke tahun semakin lengkap tersedia dan memumpuni bagi mahasiswa FISIP. Hal ini terlihat jelas dari keberadaan gedung milik FISIP UB. Dahulu, FISIP UB hanya memiliki satu gedung dan sekarang FISIP UB telah memiliki tiga buah gedung dengan hadirnya Gedung C yang sedang dibangun. Saat FISIP hanya memiliki Gedung A, sebagian perkuliahan dipindahkan ke Gedung Kuliah Bersama (GKB) dikarenakan minimnya ruangan di Gedung A. Namun, semenjak Gedung B sudah berdiri kokoh, perkuliahan yang mulanya berlangsung di GKB, dipindahkan kembali ke FISIP, tepatnya di Gedung B, dan Gedung A menjadi tempat untuk administrasi, kemahasiswaan, serta ruangan untuk para dosen.

Mengetahui ulang tahun Kampus Jingga, Dewanto berharap semua hal baik yang ada di FISIP semakin ditingkatkan dan hal-hal buruk cepat-cepat ditinggalkan serta kedepannya fasilitas serta pelayanan FISIP terhadap mahasiswa, dosen, dan stake holder, baik internal maupun eksternal, kuantitas dan kulitasnya semakin baik dari sebelumnya.“Saya berharap, sehingga FISIP ini bukan hanya tempat kuliah tetapi juga rumah kedua bagi mahasiswa,tutur Dewanto. [dim/drey]





Penulis:
Dimas Aulia Pratama
Audrey Tiara Faddila
Penyunting :
Latifah Hanum Khairunnisa

Share this:

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment