Home Tentang Kami Komtribusi Komspiratif Instagram Our Videos
image1 image2 image3

WELCOME TO 'CHANNEL11.COMM'|HIMANIKA BERSAMA|'FISIP - UNIVERSITAS BRAWIJAYA'

MUNAS IMIKI IX: Momentum Persatuan Mahasiswa Ilmu Komunikasi se-Indonesia

Laporan langsung Munas IMIKI IX dari Palembang oleh :
 Ananda Triana Novitasari


Grand Opening - Musyawarah Nasional IMIKI ke-20


Sidang Pleno Musyawarah Nasional IMIKI

Malang, Channel11.COMM
– Memasuki tahun ke-20 terbentuknya Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (IMIKI), Musyawarah Nasional (Munas) IMIKI kembali diadakan. Kali ini, Munas IMIKI IX digelar secara besar-besaran di tuan rumah Asian Games 2018, Palembang pada Minggu (22/4) hingga Jumat (27/4).
Rangkaian Munas IMIKI IX diikuti oleh perwakilan mahasiswa Ilmu Komunikasi dari seluruh Indonesia. “Ada 125 peserta dari 60 universitas yang hadir di Munas IMIKI IX yang berasal dari 5 wilayah IMIKI,” ujar Ridho Miftakhu Rohman, ketua cabang IMIKI Sumsel. Ilmu Komunikasi UB sendiri diwakili oleh Kevin Yolandri, Ananda Triana, dan Gilang Rassendrya.
Bertajuk IMIKI Bersatu, Ridho selipkan harapan pada IMIKI. “Kami ingin memberikan pemahaman bahwa inilah waktunya kita untuk bersatu padu dalam membangun IMIKI,” ungkap mahasiswa Universitas Sriwijaya ini. Terpuruknya IMIKI di tahun-tahun sebelumnya tidak lantas membuat panitia penyelenggara kehilangan semangat. Sebaliknya, mereka berusaha mengembalikan momentum persatuan itu lagi. Terbukti, salah satu peserta mengaku puas terhadap pengalaman pertamanya mengikuti Munas IMIKI. “Banyak mahasiswa dari penjuru nusantara yang berasal dari budaya, bahasa yang berbeda, tapi kami jadi satu di sana,” ujar  Muhammad Zacki Romadhon Asyari, peserta asal Surabaya.
Berbeda dengan tema besar Munas IMIKI IX, seminar dan workshop dalam Grand Opening Munas IMIKI IX mengangkat tema “Optimalisasi Peran Mahasiswa Komunikasi dalam Menumbuhkan Karakter Kebangsaan Indonesia”. Grand opening yang digelar di Hotel Horison itu menghadirkan pembicara-pembicara kompeten di bidang Komunikasi, salah satunya adalah Yuliandre Darwis, PhD. Dalam momen berkumpulnya mahasiswa Komunikasi se-Indonesia ini, besar harapan ketua KPI pada mahasiswa  Komunikasi untuk turut serta memecahkan masalah komunikasi di Indonesia, khsusunya hoax. “Bahayanya, sekarang ini opini yang membentuk fakta, bukan fakta yang membentuk opini,” ujar Yuliandre menekankan. Senada dengannya, Irjen Drs. Pol Zulkarnain, Kapolda Sumsel dan Dr. Heri Budianto, M.Si, Ketua Umum ASPIKOM juga miliki harapan yang sama.
Pada acara inti, seluruh peserta menuju penginapan sekaligus arena Munas, Wisma Atlet Jakabaring, untuk memulai sidang pleno membahas Tata Tertib, AD/ART, LPJ, pemilihan DPA, ketua IMIKI baru serta tuan rumah Munas IMIKI X. Meski sidang dimulai dengan panas pada pembahasan tata tertib, namun forum dapat kembali kondusif ketika memasuki pembahasan AD/ART. “Di awal sidang, memang banyak pembahasan yang tidak substansial. Namun, akhirnya dapat berjalan kondusif dan produktif,” ujar Zacki.   
Sidang AD/ART menghasilkan beberapa perubahan besar, seperti periode kepengurusan yang mulanya 1,5 tahun menjadi 1 tahun serta perubahan wewenang DPA yang awalnya mengawasi keseluruhan pengurus (pusat, wilayah dan cabang), menjadi hanya mengawasi Pengurus Pusat (PP) saja.
Sidang yang dipadatkan dalam 5 hari 4 malam ini berujung pada regenerasi kepengurusan baru. Terdiri dari 15 anggota DPA, Iyus Niar Sebayang, mahasiswa STPMD “APMD” Yogyakarta terpilih menjadi ketua DPA serta Mahbub Ubaedi Alwi dari Universitas Padjajaran sebagai Ketua Umum IMIKI 2018/2019.
Dalam Munas IMIKI IX ini, delegasi Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya turut ambil peran menjadi Presidium III serta terpilih menjadi anggota DPA dalam IMIKI 2018/2019. Rangkaian acara resmi ditutup dengan pemilihan tuan rumah Munas selanjutnya yang menghasilkan keputusan Munas IMIKI X akan diadakan di wilayah IV yang mencakup Jawa Timur, Bali, NTT dan NTB. Akankah Malang menjadi tuan rumah Munas IMIKI X? (nda)

Share this:

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment