Home Tentang Kami Berita Feature Komtribusi Komspiratif E-Bulletin Advo Info Instagram Our Videos
image1 image2 image3

SELAMAT DATANG DI CHANNEL11.COMM|LAMAN RESMI HIMANIKA UNIVERSITAS BRAWIJAYA|KABINET KOLABORASI

FUNDRAISING DI MATA COMMUNITE 2018



MALANG, Channel11.COMM – Sebagai mahasiswa, kepanitiaan menjadi salah satu agenda kampusmu bukan? Hal yang paling krusial dari kepanitiaan adalah keuangan. Namun, setiap kepanitiaan mempunyai cara yang berbeda-beda dalam mencari uang. Cara paling umum yang digunakan adalah dana usaha atau yang biasa disebut danusan (fundraising). Bukan hal yang awam lagi ketika mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya mendengar kata danusan. Hampir semua mahasiswa pernah merasakan sulitnya mencari uang untuk program kerja yang mereka rencanakan. Bagaimana sih danusan di pandangan mahasiswa baru Ilmu Komunikasi?



Alvina Prasetyo, Ilmu Komunikasi 2018, tidak mengetahui sebelumnya kalau ada danusan. Ia baru mengetahui danusan menjadi salah satu cara untuk mencari uang di kalangan mahasiswa. Yang ia ketahui semasa sekolah uang kepanitiaan dengan mudah didapatkan dari pihak sekolah. “Wah aku sih baru tau ya kalau cari uang itu musti danusan. Soalnya dulu aku waktu sekolah dapet uang langsung dari sekolah aja, gak sesusah harus cari uang sendiri dengan danusan ini.” Ucapnya.




Beragam hal yang bisa dijual di danusan seperti makanan, minuman, dan sebagainya. Dengan kisaran harga yang cukup terjangkau, mahasiswa sudah bisa merasakan nikmatnya makanan yang dijual. Salah satunya Anwar Hanan, mahasiswa baru Ilmu Komunikasi 2018, mengungkapkan ia pernah membeli coffee beer dengan harga Rp12.000,00 dari danusan yang dijual oleh mahasiswa. “Aku pernah sih beberapa kali beli danusan yang dijual, cuma aku ingetnya aku beli coffee beer yang dijual kakak-kakak harganya Rp12.000,00.” Ungkapnya. 

Banyak pandangan mahasiswa terhadap danusan. Dalam sisi baiknya, danusan dapat membantu kita untuk belajar mencari uang, meningkatkan relasi antarmahasiswa, dan meningkatkan keberanian untuk berbicara. Menurut Salma Nihru, Ilmu Komunikasi 2018, danusan menjadi kegiatan yang kreatif untuk memenuhi dana program kerja yang akan dilaksanakan. “Menurutku sih danusan itu kegiatan yang kreatif ya buat nambah dana proker soalnya kan susah banget kalau mau cari uang buat proker.” Tuturnya. [mt/ds/zak]



Penulis:
Zaky Fathurrahman
Adrian David L.
Mei Triernawati

Penyunting:
Audrey Tiara F.
Athaya Nadjla A.



Share this:

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment